Page 308 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 308

LAYANAN  BANTUAN
               BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA


                            Kristanti Am bar Puspitasarl








       Pendahuluan

          Belajar melalui sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) da-
       lam banyak hal mirip dengan belajar dalam sistem pendidikan yang kon-
       vensional.  Namun demikian,  terdapat beberapa perbedaan antara  kedua
       sistem pendidikan tersebut.  Perbedaan yang banyak dikemukakan adalah
       terpisahnya siswa dan pengajar secara fisik dalam proses pengajarannya.
       Dalam sistem PTJJ, metode pengajaran dirancang tidak untuk disampai-
       kan melalui pertemuan tatap muka secara rutin antara siswa dengan peng-
       ajar,  tetapi  disampaikan  melalui  bahan  ajar  yang  berupa  media  cetak
       maupun  noncetak,  yang  secara  bersama-sama  dapat  menggantikan  de-
       ngan  baik bagian  terbesar metode  pengajaran  secara  konvensional  (Su-
       parman,  1982).

          Keterpisahan antara siswa dan pengajar dapat menimbulkan perbeda-
       an  pengalaman  belajar  yang  nyata  antara  siswa  yang  belajar dalam  sis-
       tern  PTJJ  dan  mereka  yang  belajar  dalam  sistem  pendidikan  konvensi-
       onal.  Sebagai contoh,  mahasiswa yang belajar dalam sistem PTJJ  sering
       merasa tidak yakin dengan kemampuan dan kemajuan belajarnya karena
       ketidakhadiran dosen yang  dapat memberikan umpan  balik secara  lang-
       sung,  dan tidak adanya ternan untuk berdiskusi. Oleh karena itu, fenome-
       na dropout atau  berhenti  kuliah  lebih  sering  terjadi  dalam  sistem  PTJJ

                                      315
   303   304   305   306   307   308   309   310   311   312   313