Page 308 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 308
LAYANAN BANTUAN
BAGI MAHASISWA UNIVERSITAS TERBUKA
Kristanti Am bar Puspitasarl
Pendahuluan
Belajar melalui sistem pendidikan terbuka dan jarak jauh (PTJJ) da-
lam banyak hal mirip dengan belajar dalam sistem pendidikan yang kon-
vensional. Namun demikian, terdapat beberapa perbedaan antara kedua
sistem pendidikan tersebut. Perbedaan yang banyak dikemukakan adalah
terpisahnya siswa dan pengajar secara fisik dalam proses pengajarannya.
Dalam sistem PTJJ, metode pengajaran dirancang tidak untuk disampai-
kan melalui pertemuan tatap muka secara rutin antara siswa dengan peng-
ajar, tetapi disampaikan melalui bahan ajar yang berupa media cetak
maupun noncetak, yang secara bersama-sama dapat menggantikan de-
ngan baik bagian terbesar metode pengajaran secara konvensional (Su-
parman, 1982).
Keterpisahan antara siswa dan pengajar dapat menimbulkan perbeda-
an pengalaman belajar yang nyata antara siswa yang belajar dalam sis-
tern PTJJ dan mereka yang belajar dalam sistem pendidikan konvensi-
onal. Sebagai contoh, mahasiswa yang belajar dalam sistem PTJJ sering
merasa tidak yakin dengan kemampuan dan kemajuan belajarnya karena
ketidakhadiran dosen yang dapat memberikan umpan balik secara lang-
sung, dan tidak adanya ternan untuk berdiskusi. Oleh karena itu, fenome-
na dropout atau berhenti kuliah lebih sering terjadi dalam sistem PTJJ
315