Page 303 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 303
dengan menggunakan Internet mahasiswa UT dapat bersosialisasi dengan
lebih luas.
Pengembangan bahan ajar yang menggunakan jaringan Internet sam-
pai saat ini masih dalam taraf uji coba. Hal ini m:!ngingat masih terbatas-
nya ak:ses mahasiswa terhadap jaringan Internet. Sebagai salah satu al-
ternatif untuk penggunaan Internet, saat ini telah tersedia warung Inter-
net yang diprakarsai oleh PT POS dan Nusantara 21 . Fasilitas tersebut
ada di 27 propinsi yang mencapai tingkat kabupaten sehingga mahasiswa
UT yang tersebar di seluruh Indonesia dapat memanfaatkannya.
Walaupun penyampaian bahan ajar melalui jaringan Internet masih da-
lam taraf uji coba sehingga pemanfaatannya oleh mahasiswa bel urn dapat
diketahui namun hasil penelitian yang dilakukan oleh Belawati (1998)
menunjukkan bahwa tingkat partisipasi yang tinggi dari mahasiswa dalam
kegiatan pelayanan konseling yang diberikan melalui Internet memberi-
kan dampak yang positif terhadap tingkat penyelesaian mata kuliah atau
tingkat keikutsertaannya dalam ujian. Hal ini paling tidak menunjukkan
bahwa media Internet merupakan salah satu media yang dapat dimanfaat-
kan oleh mahasiswa dalam membantu proses belajarnya di UT.
Rencana Pengembangan
Sebagaimana dicanangkan dalam rencana induk pengembangan UT,
Bahan ajar UT diharapkan menjadi suatu bahan ajar berkualitas yang
merupakan percontoban, bukan saja di Indonesia tetapi bahkan di kawas-
an Asia Tenggara. Untuk mencapai ambisi ini beberapa langkah peru-
bahan perlu dilakukan.
Dalam bentuknya yang sekarang bahan ajar UT juga banyak diguna-
kan oleh perguruan tinggi lain, baik negeri maupun swasta. Para dosen
menggunakan bahan ajar UT sebagai suplemen buku acu~ perkuliahan,
tetapi ada pula yang menjadikannya sebagai acuan utama. Kebutuhan pu-
310