Page 302 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 302
mengetahui rencana tampilan gambar. Supaya program menjadi utuh, ma-
ka flow chart dan screen design kemudian dipadukan. Setelah itu, pro-
gram dievaluasi dari segi materi supaya kualitasnya dapat dipertang-
gungjawabkan. Dari basil evaluasi tersebut, program kemudian direvisi
dan diujicoba kepada mahasiswa. Jika ada masukan, program tersebut
diperbaiki kembali sebelum dipresentasikan di hadapan reviewer. Pro-
gram dapat dikatakan ftnal dan siap untuk didemonstrasikan secara luas
setelah direvisi berdasarkan masukan dari tim reviewer.
Untuk program tutorial berbantuan komputer (CAl), jumlah program
yang telah berhasil dikembangkan adalah sebanyak 34 buah program dan 1
program unggulan. Saat ini sedang dikembangkan sebanyak 15 buah
program lagi. Dari jumlah program yang telah berhasil dikembangkan
tersebut, karakteristik materinya cukup tersebar diantara 4 fakultas yang
ada di UT yaitu FKIP, FISIP, FEKON, FMIPA. Bahkan dikembangkan
juga materi yang berasal dari mata kuliah dasar umum (MKDU). Pro-
gram-program tersebut dapat dimanfaatkan sebagai bahan ajar tambah-
an karena materi program tersebut dipilih berdasarkan masalah yang se-
ring ditemui mahasiswa dalam belajar. Untuk dapat memanfaatkan
program CAl tersebut, mahasiswa membutuhkan Personal Computer (PC)
yang berdiri sendiri. Walaupun program-program tersebut sampai saat
ini memang belum didistribusikan secara luas, tetapi mahasiswa dapat
memanfaatkannya dengan mengakses jaringan internet di http:!/
www. ut. a c. id.
8. Tutorial Melalui Internet
Dibandingkan dengan tutorial berbantuan komputer yang bentuk
interaksinya bersifat individual, tutorial melalui Internet, interaksinya le-
bih luas dan fleksibel. Mahasiswa atau pengguna dapat berinteraksi bu-
kan hanya dengan tutornya tetapi juga dengan mahasiswa lainnya. Jadi,
309