Page 302 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 302

mengetahui rencana tampilan gambar. Supaya program menjadi utuh, ma-
         ka flow  chart dan screen  design  kemudian dipadukan.  Setelah itu,  pro-
         gram dievaluasi  dari  segi  materi  supaya  kualitasnya  dapat  dipertang-
         gungjawabkan.  Dari  basil  evaluasi  tersebut,  program kemudian direvisi
         dan  diujicoba  kepada  mahasiswa.  Jika  ada  masukan,  program  tersebut
         diperbaiki  kembali  sebelum  dipresentasikan  di  hadapan  reviewer.  Pro-
         gram dapat dikatakan ftnal dan siap untuk didemonstrasikan secara luas
         setelah direvisi berdasarkan masukan dari tim reviewer.
            Untuk program tutorial berbantuan komputer (CAl), jumlah program
         yang telah berhasil dikembangkan adalah sebanyak 34 buah program dan 1
         program  unggulan.  Saat  ini  sedang  dikembangkan  sebanyak  15  buah
         program  lagi.  Dari jumlah  program  yang  telah  berhasil  dikembangkan
         tersebut,  karakteristik materinya cukup tersebar diantara 4 fakultas yang
         ada di  UT yaitu  FKIP,  FISIP,  FEKON,  FMIPA.  Bahkan dikembangkan
         juga materi  yang  berasal  dari  mata  kuliah dasar  umum  (MKDU).  Pro-
         gram-program  tersebut dapat dimanfaatkan  sebagai  bahan  ajar  tambah-
         an karena materi program tersebut dipilih berdasarkan masalah yang se-
         ring  ditemui  mahasiswa  dalam  belajar.  Untuk  dapat  memanfaatkan
         program CAl tersebut, mahasiswa membutuhkan Personal Computer (PC)
         yang  berdiri  sendiri.  Walaupun  program-program  tersebut  sampai  saat
         ini  memang  belum  didistribusikan  secara  luas,  tetapi  mahasiswa  dapat
         memanfaatkannya  dengan  mengakses  jaringan  internet  di  http:!/
         www. ut. a c. id.


         8.  Tutorial  Melalui Internet
           Dibandingkan  dengan  tutorial  berbantuan  komputer  yang  bentuk
         interaksinya bersifat individual, tutorial melalui Internet,  interaksinya le-
        bih luas dan fleksibel.  Mahasiswa atau pengguna dapat berinteraksi bu-
        kan  hanya  dengan  tutornya  tetapi juga dengan  mahasiswa  lainnya.  Jadi,
                                       309
   297   298   299   300   301   302   303   304   305   306   307