Page 180 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 180
2. Siaran pendidik:an temyata Iebih tepat untuk pelajaran-pelajaran/aca-
ra-acara yang memerluk:an unsur-unsur audio dan hal-hal atau per-
kembangan-perkembangan baru yang dapat diikUti terus menerus oleh
guru/kelompok pendengar.
Walaupun basil studi dan penelitian di atas menunjukkan basil yang
positif, tetapi harus pula kita sadari bahwa berkenaan dengan kesulitan-
kesulitan organisasi, teknis, personil dan keuangan mak:a segala macam
bentuk inovasi teknologi tersebut harus mempertimbangkan syarat-syarat
sebagai berikut:
.
1. Biaya unit pe~nggunaan inovasi teknologi harus relatif rendah.
2. Teknologi itu sendiri harus dapat merupakan bagian dari kebudayaan
kita sendiri (bukan melalui basil impor), artinya kita sendiri mampu
memproduksi, memelihara dan menggunakan software maupun hard-
ware teknologi itu.
3. Teknologi itu harus dapat digunakan dengan efektif dalam pendidik-
an.
4. Inovasi itu harus dapat disebarkan secara luas dalam waktu yang rela-
tifpendek.
SRP untuk penataran guru SO
Usaha meningkatkan mutu dan memeratakan kesempatan belajar te-
lah dilaksanakan program penataran guru SD/MI dan Pembina SD seba-
nyak lebih kurang 400.000 orang mulai tahun 1976. Penataran tersebut
dilaksanakan oleh Proyek Pembinaan Pendidikan Dasar (P3D). Sistem
penataran yang dipakai adalah dengan menggunakan tim mobil (sebanyak
120 tim@ 8 orang) yang bergerak di 17 provinsi yang keadaan daerah dan
transportasinya memungkinkan sampai meliputi 2200 SD Center. Sedang
pada 9 provinsi yang lain hanya sampai di kabupaten, mengingat keadaan
179