Page 180 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 180

2.  Siaran pendidik:an temyata Iebih tepat untuk pelajaran-pelajaran/aca-
         ra-acara yang  memerluk:an  unsur-unsur  audio  dan hal-hal  atau  per-
         kembangan-perkembangan baru yang dapat diikUti terus menerus oleh
         guru/kelompok pendengar.

        Walaupun basil  studi dan penelitian di  atas  menunjukkan  basil  yang
      positif, tetapi harus pula kita  sadari bahwa berkenaan dengan kesulitan-
      kesulitan organisasi,  teknis,  personil dan keuangan mak:a  segala macam
     bentuk inovasi teknologi tersebut harus mempertimbangkan syarat-syarat
     sebagai berikut:
               .
      1.  Biaya unit pe~nggunaan inovasi teknologi harus relatif rendah.
     2.  Teknologi  itu sendiri harus dapat merupakan bagian dari kebudayaan
         kita sendiri (bukan melalui basil impor),  artinya kita sendiri mampu
         memproduksi, memelihara dan menggunakan software maupun hard-
         ware teknologi itu.
     3.  Teknologi itu harus dapat digunakan  dengan efektif dalam pendidik-
         an.
     4.  Inovasi itu harus dapat disebarkan secara luas dalam waktu yang rela-
         tifpendek.


     SRP untuk penataran guru SO
        Usaha meningkatkan mutu dan memeratakan kesempatan  belajar te-
     lah dilaksanakan program penataran guru SD/MI dan Pembina SD seba-
     nyak  lebih  kurang 400.000 orang  mulai tahun  1976.  Penataran tersebut
     dilaksanakan  oleh  Proyek  Pembinaan  Pendidikan  Dasar  (P3D).  Sistem
     penataran yang dipakai adalah dengan menggunakan tim mobil (sebanyak
     120 tim@ 8 orang) yang bergerak di 17 provinsi yang keadaan daerah dan
     transportasinya memungkinkan sampai meliputi 2200 SD Center. Sedang
     pada 9 provinsi yang lain hanya sampai di kabupaten, mengingat keadaan

                                    179
   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184   185