Page 177 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 177
s~rta, hiayf\ vang_ relatif lebJh murah dibanding demzan media lajn Cantril
• lc.:.\{u • ·m.l • ,\.i"L.! . .t..:. .. r., ·~c g'ru !:i(Dll£ 0q.c1 n.a~P~IJ J. .h. . t, ... !:Jrn.
dafl AIJpon~ ~Q7l ). . n. :>.· \...t \ . (•
-.1".\\1~ 1.>1 '> '\ ~·:S\ c~l\f'.Cl!' > \· •'' "\~') n:,;:~.:a I 1~1 l\1..• l.)~!\'1. H\':>1."i~ t •r·, \•)
Untuk memoelaiari FAucaiional P/aQ.ninf! dan Educational Broadcas-
L' ll'u "i ~.:. ~ 1 lt'L L iD .... £1! , t. LJ'l: IIJ~jll.~ !1v.:' .:;rn:J Ot;J'll~r,j r:· ..
tit]£, secar,<! m,~nd~la91 . ... J?ePd.ikbud te~h. IJ!emd~i_mkan .. tiga orang dosen .
. tf.l::~i~>:i •• r. ... .., '-•~ Jt ~· . A'• .srr ....... L. £CrT ... ..JJ,. , ; . .,... ~
IK,IP.ldari ,IKIP ~lai)g,,;r'ogxaka~ d~n Bal.l.~~lll!) ~e Au~trali_a, d!in p~~~
vmr.~ 'd~)I!DtL••.!:I. •t ..... t'.,_~, .u .. ;.~.; .•. u n .. _ .. _..:r .t./. _,.L,fl . , ..
akhir ta!Jun, 1970 t~laluiis!,lsun planfl{!'8 dqcWJU!!JI del)gan .iE~l A fro._gramme
:;, J f I. ,J;t.~t-;; .&.. .. '', r ... ,;,.,;.., i.J .... ~., .... t..H .. Oa .. _ r'JW' l" ;;t . ..,. .. _
of rile lnJroducrion,9f Educarional Broadcasting In Indonesia.
ll JJ f1J.J.! ~': ::~ ~ ,""'".&.I "._.•""" r~J .:!i,J,J;~I •.._ .:~nt,l ""5, ~ .,-
) ~~J<a.~~j.a.k. tapun ~270 girin~is~P~.ot !)O~S!~.Si~rag ~~i~}'endi~i}<an ~~
beberapa- tempat di Indonesia. Dua di antaranya.,adalah usaha untu~
, ' ~ t - ', I (; .., • .. 1-'.) ' ,. , ~.· ,. '
P!!natl!,ran guru. J?il<?t froye~ di Ja\Va, Tenga~. ditujukan un.tuk m~~ingkat-
• • J ~, - ... . .. -- " " :J ·t •.• .;._ -
kan kemampuan gp~ ~~'"d_,ala~ me$~ar tc;l~. ~enu.nju~.~~siJ pos1:
tif. f;:valuasi Y!!ng 4ilakukan oleh nqp S_em_arang menunjulpam a.l. : .
- fl 1 ., ' '1 ~ ' - Iii! j "' f ~·
I. Tujuan instruksional siaran pendidikan yaitu agar guru-guru pendengar
(f£- J t Ill ltl ,ri J~·: , .. • .Jl f ~"J,f J! 1 ,.., ,lo,) '-
SeteJah mengikuti siaran memiliki pengetahuan dan keterampilan
-.._ • \/ ..J • • -'; , ,. I • l.:.. ' /. u•'
; 21~~ngen~i.mr.t?d~~9~~~ngajaran m~dem, ~r_q~kti men~njuk.lcan ang-
ka rata-rata seluruh komponen pengetahuan 54% .
# : I ,>,)I •• £ . \ fl• ~'l ! ; L: '
2. Guru-guru yang fida di luar kota temyata lebih bergairah dalam par-
,·>. ., ,. . ' .) ~ :;, J
_ tisj~a.~in~a,~al~m pr~gra~ siaran p~ndidi~. , . .
3 .~~r~-rS~ru p~d.a u~~mnya.(lebih da~i JO%) rajin mengi,ku~i ac.~ra siar-
·~ an p,e~.didik&J1;·, dan lebih dari 73 % guru , ~~ngikuti accu;~ _:;iaran pen~
didil\an dengan mot.if.unt4k meQ,ambah oep1!etah4ap... . ~·~·, ...
• ol ~.1 II· l" •. •.., .-. • ! I . .il!'tLI.•t. , -~ -~
(JL.;
_ -~~~?,a .. ~.a.)~ipcJ\9a k1rt'fuu-,ra3u~ at~s pq_teJ;I~~ i3fJlO..R~nd~sJik,an,-ter
1
1
utama dilihat dari segi pay off dan cost effectiveness maka dengan ban-
-; l11U 1.1•4 •!J •• t ' '~ 1 '-" .,., . . "' . I. t ''~i.:.i'-~ ;:,··... ;1~._
tua~ . U~ES<;:o •. Prof. £?~· qe~_n,.!a.~ison ·-?~r~. ~taiJtp~q,yqi~:rsi~ me-
l~kyk~n stu,d,i..,pada,~un } 971 . D.<\!arp laporan ya,ng qerjudul Alternative
'1 i':l l 1 1 , J• -'. • •• I,, / .• ,I• I.,.:;< >J , Jtlv I. L
$m~regie$. fo~; Pr;ima,ry ,f.ducarion in.Jt1donttsia:,..A <;ost-effec;tiveness
. .. ;./! £" " t. l , l J. •~ l , l 1.J I i flfadillf.':l"t J{{."L I .-.
1
1
~~~a~''{{s~, iHN~~or ... ~~IJY.jmJlu)?rl.b?~w~: tfb 'd 1~ .. 1~l f't. .;, ~. ·
1
'; ~~ l!!~ (~fM}( er5,JY!ff~~~ ttaft.~~~~ er !t~~l[,Ufc~~:~fg 1~rj~far~~l P! or~
176