Page 178 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 178

courses is less then Rp. 300,- per student per year. all cost col/side-
              red, if only 10 %primary student are using radio.

           2.  This amount of radio could be provided at no increase in per s!udent
              annual cos! if the student to teacher ratio were raised 35 - 40.
           3.  Using  radio for teacher upgrading is preferable to  using  conven-
              lional means,  and would probably result in sought improvement in
              !he primary system's output whithin the same cost constraint.

           4.  Using  radio  in  two subject areas on every  level with  a  shonened
              school hours to jour hours a day in order to make provision for a
              double school shift.  Has a quantitative edge on simply increasing
              s1udent to 1eacher ratio and important quality ad1•antage by about
              25%.


                lJsaha-usaha yang bersil~·tt inovatif seperti pemanfaalan radio untuk
        pendidikan mendapat dukungan dari  Menteri  P dan K  (Mashuri.  1972)
        yang  mengatakan
           ..... . untuk menanggulangi dan menghadapi tantangan dan masalah itu
           diterapkan strategi  serta program-program pendidikan. Salah  satu di
           antara strategi itu adalah penerapan aspek-aspek inovasi dalam sistem
           pendidikan.  Usaha  penerapan  aspek-aspek  inovasi  ini  bukan  ha-nya
           sekedar  merupakan  kosekuensi  logis  dari  pada  pendidikan  yang
           berorientasi  pada kemajuan  zaman,  tetapi juga karena approach  tra-
           disional dan konvensional tidak mungkin lagi menanggulangi masalah
           yang  bertambah  lama  bertambah  rumit.  Salah satu  di  antara  aspek
           inovasi  itu adalah penggunaan Siaran (broadcasting)  dalam pendidik-
           an. Telah lama diidentifikasikan bahwa broadcasting mempunyai  po-
           tensi hebat jika penggunaannya  teratur dan terarah.


           Penggunaan  media  radio  untuk  pendidikan juga  didorong  oleh  per-
        timbangan-pertimbangan (Miarso.  1971) sebagai berikut:
           1.  Eksplosi penduduk yang dengan sendirinya mengakibatkan eksplosi
              anak-anak usia sekolah.

                                       177
   173   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183