Page 183 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 183

bantu  terciptanya  prinsip  belajar  seumur  hidup  dan  masyarakat  gemar
              bela  jar.
                 Sasaran program ini adalah guru SD terutama yang  berada di daerah
              terpencil di sebelas propinsi, yaitu Irian Jaya,  Maluku, Sulawesi Tengah,
              Sulawesi Tenggara,  NTT,  NTB,  Kalimantan Timur,  Kalimantan Tengah,
              Kalimantan Barat dan termasuk 2  propinsi daerah  eksperimen yaitu Ja-
              wa Tengah dan Daerah lstimewa Yogyakarta.


              Strategi SRP
                 Materi-materi  penataran  disajikan  melalui  media  radio  yang  disiar-
              kan  oleh RRI daerah, Radio Pemerintah Daerah (RPD) dan Radio Swas-
              ta  Niaga  (RSN)  setiap  pagi  hari  dan  sore  harinya siaran ulang,  selama
              enam hari dalam seminggu. Sementara setiap minggu disiarkan program
              lokal yang berisi jawaban-jawaban umpan balik dari para guru. Di setiap
              SD dibentuk kelompok belajar  (pendengar)  yang  terdiri dari  guru-guru
              SD atau kelompok yang lebih besar dari SD yang berdekatan. Kelompok
              belajar ini diketuai oleh kepala sekolah dan mengangkat seorang sekre-
              taris yang dipilih dari anggota kelompok belajar. Selain media radio ang-
              gota kelompok bela jar dilengkapi dengan buku petunjuk pemanfaatan yang
              berisi bagaimana belajar melalui  radio,  persiapan yang  perlu dilalrukan
              sebelum  mendengarkan  siaran,  kegiatan  selama mendengarkan,  serta
              tugas-tugas  yang  barns  dilaksanakan  setelah mendengarkan  siaran.  De-
              ngan keterbatasan durasi siaran yang hanya sekitar 20 menit siaran untuk
              setiap topik, maka para guru diberi.ican buku Bahan Penyerta (BP) siaran.
              BP tersebut berisi judul-judul program yang disiarkan, tujuan um\un dan
              khusus, serta ringkasan dari siaran tersebut.  Agar guru-guru tidak meng-
              alami kesulitan waktu mendengarkan siaran,  maka dalam BP juga disaji-
              kan arti dari kata-kata sulit, tugas-tugas yang akan dilaksanakan oleh gu-
              ru setelah mendengarkan siaran, serta buku-buku sumber. Para guru yang

                                             182
   178   179   180   181   182   183   184   185   186   187   188