Page 179 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 179
2. Eksplosi ilmu pengetahuan
3. Eksplosi teknologi, kedua eksplosi terakhir ini menambah Iebar dan
dalam jurang pemisah antara negara berkembang dan negara se-
dang berkembang
4. Terbatasnya dana dan fasilitas untuk perbaikan
5. Perjalanan waktu yang tak dapat menunggu lagi.
Untuk menyakinkan keadaan lapangan maka dilaksanakan Field Test
dengan maksud dan tujuan :
1. Untuk mengetahui penerimaan siaran pendidikan jarak jauh, dan
bagaimana efeknya terhadap murid/pendengar.
2. Untuk melihat respon murid/pendengar terhadap berbagai kualitas suara
radio yang terdengar pada waktu jam pelajaran dan memperkirakan
berapa power output audio yang paling efektif untuk radio pendidikan.
3. Untuk melihat bagaimana kritik dan saran-saran dari guru-guru terha-
dap operasi dan penyetelan pesawat radio.
4. Untuk mengadakan tukar pikiran kesan-kesan dan pengalaman dengan
guru dari pilot proyek siaran pendidikan (yang sudah dilaksanakan di
sekolah-sekolah mereka).
Sedangkan eksperimen yang dilaksanakan di Jawa Tengah dan Daerah
lstimewa Yogyakarta sebelum disebarkan ke daerah lain telah diteliti oleh
PT Inscore Indonesia atas biaya UNESCO (1973), dua di antara sepuluh
kesimpulannya menyatakan:
1. Pencapaian (coverage) dari sasaran tergantung bukan saja dari ke-
mampuan teknis pemancar tetapi juga pada kemampuan ekonomi
pendengar, pemilihan waktu siaran yang tepat, dan informasi yang le-
bih meluas, jelas dan tegas (umpamanya berbentuk instruksi menge-
nai adanya siaran).
178