Page 179 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 179

2.  Eksplosi ilmu pengetahuan
              3.  Eksplosi teknologi, kedua eksplosi terakhir ini menambah Iebar dan
                 dalam jurang pemisah antara negara berkembang dan  negara se-
                 dang berkembang
              4.  Terbatasnya dana dan fasilitas untuk perbaikan
              5.  Perjalanan waktu yang tak dapat menunggu lagi.


              Untuk menyakinkan keadaan lapangan maka dilaksanakan Field Test
           dengan maksud dan tujuan :
            1.  Untuk  mengetahui  penerimaan  siaran pendidikan jarak jauh,  dan
              bagaimana efeknya terhadap murid/pendengar.
           2.  Untuk melihat respon murid/pendengar terhadap berbagai kualitas suara
              radio  yang  terdengar  pada  waktu jam pelajaran dan  memperkirakan
              berapa power output audio yang paling efektif untuk radio pendidikan.
           3.  Untuk melihat bagaimana kritik dan saran-saran dari guru-guru terha-
              dap operasi dan penyetelan pesawat radio.
           4.  Untuk mengadakan tukar pikiran kesan-kesan dan pengalaman dengan
              guru dari pilot proyek siaran pendidikan (yang sudah dilaksanakan di
              sekolah-sekolah  mereka).


              Sedangkan eksperimen yang dilaksanakan di Jawa Tengah dan Daerah
           lstimewa Yogyakarta sebelum disebarkan ke daerah lain telah diteliti oleh
           PT Inscore Indonesia atas biaya UNESCO (1973), dua di antara sepuluh
           kesimpulannya menyatakan:
           1.  Pencapaian  (coverage)  dari  sasaran  tergantung  bukan  saja  dari  ke-
               mampuan  teknis  pemancar  tetapi  juga pada  kemampuan  ekonomi
               pendengar, pemilihan waktu siaran yang tepat, dan informasi yang le-
               bih meluas, jelas dan tegas  (umpamanya berbentuk instruksi  menge-
               nai adanya siaran).
                                          178
   174   175   176   177   178   179   180   181   182   183   184