Page 154 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 154
SEKOLAH LANJUTAN TINGKAT PERTAMA TERBUKA
(SLTP TERBUKA): ALTERNATIF PELAKSANAAN
WAJIB BELAJAR PENDIDIKAN DASAR 9 TAHUN
(WAJAR DIKDAS)
Machdum Almunawar
Pendahuluan
Kebutuhan akan SLTP Terbuka berawal dari terjadinya ledakan lulus-
an Sekolah Oasar (SO) sebagai akibat dari kebijakan SO lnpres tahun
1973/ 1974 (Kartasurya dkk. 1992).
Perluasan kesempatan belajar dan peningkatan daya tampung di ting-
kat pendidikan dasar di Indonesia masih merupakan masalah yang besar.
Usaha peningkatan daya tampung di tingkat Sekolah Oasar dilakukan an-
tara Jain dengan membangun SO Inpres pada awal Pelita II.
Pada awal Pelita III saat murid SO lnpres angkatan pertama Julus se-
kolah terjadi ledakan lulusan SO. Jumlah lulusan itu tercatat sebesar
2.546.000 orang murid. Hal tersebut menimbulkan masalah baru terha-
dap penyediaan kesempatan belajar pada Sekolah Lanjutan Tingkat Per-
tama (SLTP). Oari jumlah lulusan SO tersebut dapat ditampung di SLTP
sekitar 71, I %. Padahal target yang harus dicapai pada akhir Pel ita V ada-
Jah 85% lulusan SO dapat ditampung di SLTP. Faktor lain yang turut
memperberat masalah ini ialah kurangnya tenaga pengajar yang berkua-
lifikasi, dana, ruang belajar dan fasilitas belajar.
Banyak usaha yang telah dilakukan untuk mengatasi masalah tersebut.
Usaha tersebut antara lain dengan meningkatkan kapasitas sekolah yang
ada, misalnya penyediaan ruang kelas dan gedung baru, pengadaan guru
154