Page 149 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 149
pembelajaran, pemecahan terhadap masalah yang dialami para tutor di
daerah dan perbaikan dalam penyiapan dan pemantapan tutor. Yang
termasuk ke dalam kategori pembelajaran adalah tutorial, praktikum IPA,
praktek keterampilan. dan pemantapan kemampuan mengajar, serta
penataran tutor.
Sampai tahun 1990 dengan hanya memiliki program O-Il dan Sl
Reguler proses pembelajaran yang berlangsung dalam program pendidik-
an guru FKIP-UT terbatas pada mahasiswa belajar modul, dan mende-
ngarkan kaset audio naratif. Dengan dikembangkannya program-program
baru mulai tahun 1990/1991 sampai dengan saat ini berbagai inovasi dalam
pembelajaran telah begitu banyak dilakukan dengan basil yang sangat
signifikan dalam meningkatkan tingkat retensi dan kelulusan.
Program tutorial telah berkembang dalam berbagai format dan model
seperti: (I) tutorial tatap muka terjadwal antara 6--12 kali per semester
untuk program 0-II PGSD Guru Kelas, 0-II Guru Penjaskes SD, D-Ill
PGSMP; (2) tutorial tatap muka berkala antara 2-3 kali per semester
untuk program PGRBS, PSGBS, dan D-II SP; (3) tutorial tatap muka in-
tensif sebanyak satu kali dalam satu semester yang dilakukan dalam 2-5
hari berturut-turut pada masa libur caturwulan untuk program PGRBS,
PSGBS, 0-II SP, 0-III PGSMP, Sl PGSM Bank Dunia; (4) tutorial tatap
muka pemantapan yang dilakukan sekali dalam satu semester sesuai de-
ngan kebutuhan untuk program 0-11 PGSD di beberapa daerah; dan (5)
tutorial siaran radio yang dilakukan seminggu dua kali (a 30 menit) se-
panjang semester disertai penggunaan BPSR khusus untuk program 0-II
SP.
Praktikum IPA dengan menggunakan Kit IPA umuk program O-Il
PGSO disertai dengan Panduan Praktikum IPA yang dilaksanakan di SO
tempat tutorial di bawah fasilitator lnstruktur IPA yang dapat merangkap
147