Page 146 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 146

KIT  IPA  PGSD  dikembangkan  tahun  1990/1991  sebagai  perangkat
           praktikum IPA  SD yang  sebagian alatnya dibuat dari  bahan-bahan yang
           apabila  rusak dapat diganti  oleh guru atau siswa dengan  memanfaatkan
           bahan-bahan yang ada di lapangan,  seperti botol bekas,  sedotan plastik,
           dan digunakan dalam program D-II PGSD sejak angkatan pertama tahun
           1990/1991. Kit tersebut dikembangkan oleh Tim Profesor Dr lsyrin Nur-
           din dari lnstitut Teknologi Bandung.  Dari sudut pedagogis,  Kit  IPA dia-
           dakan  sebagai  kelengkapan  pembelajaran  IPA  SD yang  harus  dapat di-
           gunakan oleh guru SD di sekolahnya masing-masing. Untuk itu pada saat
           pertemuan  tutorial  para  mahasiswa  dengan  fasilitasi  dari  tutor  dituntut
           untuk dapat melakukan percobaan perorangan dan atau kelompok dengan
           menggunakan perangkat yang  ada dalam Kit tersebut.  Dengan demikian
           para  mahasiswa secara langsung  memahami  konsep  IPA  melalui  perco-
           baan  dan  sekaligus juga memahami  dan  mampu  menggunakan  Kit  ter-
           sebut untuk melakukan kegiatan pembelajaran di  SD.  Kit  ini disediakan
           sebanyak 1-2 buah untuk setiap kelompok belajar 15-30 orang. Di situlah
           kita melihat bahwa dengan Kit tersebut terjadi inovasi dalam pengembang-
           an alat praktikum, penyediaan bahan praktikum, proses pembelajaran IPA
           SD,  dan  proses  peningkatan  kemampuan  profesional  guru  dalam  pem-
           belajaran  IPA.  Saat ini  KIT  tersebut sedang  mengalami  penyempurnaan
           dengan cara  memanfaatkan sejumlah alat percobaan yang  ada di  SD Inti
           yang diproduksi oleh PT Pudak dan didistribusikan oleh Ditjen Dikdasmen
           serta  basil  uji  coba  pengembangan  alat  praktikum  yang  dilakukan  oleh
           Tim Jurusan Pendidikan MIPA  FKIP-UT berjasama dengan ITB.  Dengan
           demikian  pada  masa  yang  akan  datang  diharapkan  dipero-leh  KIT  IPA
           PGSD yang  memenuhi tuntutan ke-butuhan sekolah serta perkembangan
           dalam bidang IPA dan pendidikan IPA.





                                          142
   141   142   143   144   145   146   147   148   149   150   151