Page 142 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 142

ASPEK-ASPt=K  INn\/ATIC nA•  Au







            pemerintah  seperti  peningkatan  tuntutan  kualifikasi  guru,  pemerataan
            pendidikan,  peningkatan  relevansi,  efisiensi,  dan  mutu  pendidikan yang
            dengan sendirinya melahirkan tuntutan dan tantangan baru yang memang
            perlu  dijawab  oleh  lembaga  pendidikan  tenaga  kependidikan  (LPTK)
            termasuk FKIP-UT. Dalam konteks inilah,  Universitas Terbuka, khusus-
            nya  FKIP-UT telah mencoba menjawab  berbagai tuntutan dan  tantangan
            baru  itu  dengan  mengembangkan  berbagai  inovasi  dalam program pen-
           didikan dengan segala komponennya yang diyakini mampu memberi kon-
           tribusi yang  signifikan terhadap pemenuhan tuntutan  dan tantangan  baru
           yang muncul dalam dunia pendidikan dan perkembangan ilmu,  teknologi
           dan  masyarakat.


           Aspek-aspek lnovatif dalam Program Pendidikan Guru FKIP-UT
               Berbagai  inovasi  yang  telah  dilakukan  mencakup  aspek-aspek:  pro-
           gram pendidikan dan kurikulum, bahan bela  jar, proses pembelajaran, ujian,
           sistem  pengelolaan, dan pengembangan program. Adapun yang dimaksud
           dengan inovasi di sini adalah penerapan ide, konsep, prinsip, serta prosedur
           baru  yang  sengaja dirancang  untuk  memperoleh  sesuatu  (proses,  basil,
           hubungan, situasi) yang lebih baik. Masing-masing inovasi bidang-bidang
           tersebut dapat dikemukakan secara singkat sebagai berikut.


           1.  lnovasi dalam Program Pendidikan dan Kurikulum
              Sesuai  dengan  tuntutan dan tantangan  yang  ada  telah  dikembangkan
           berbagai program pendidikan yakni Program Penyetaraan Diploma II Gu-
           ru  Kelas SD (D-II PGSD Guru Kelas) pada tahunl990,  Program  Penye-
           taraan  Diploma  II  Guru  Penjaskes  SO  (D-II  PGSD  Penjaskes)  pada
           tahun 1990,  Program  Penyetaraan  Diploma  III  (D-Ill)  PGSM  (tahun
           1992,1993,1997,1998), Program Pendidikan Guru Rumpun Bidang Studi
           (PGRBS)  pada  tahun  1995,  Program  Sertifikasi  Guru  Bidang  Studi

                                          138
   137   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147