Page 142 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 142
ASPEK-ASPt=K INn\/ATIC nA• Au
pemerintah seperti peningkatan tuntutan kualifikasi guru, pemerataan
pendidikan, peningkatan relevansi, efisiensi, dan mutu pendidikan yang
dengan sendirinya melahirkan tuntutan dan tantangan baru yang memang
perlu dijawab oleh lembaga pendidikan tenaga kependidikan (LPTK)
termasuk FKIP-UT. Dalam konteks inilah, Universitas Terbuka, khusus-
nya FKIP-UT telah mencoba menjawab berbagai tuntutan dan tantangan
baru itu dengan mengembangkan berbagai inovasi dalam program pen-
didikan dengan segala komponennya yang diyakini mampu memberi kon-
tribusi yang signifikan terhadap pemenuhan tuntutan dan tantangan baru
yang muncul dalam dunia pendidikan dan perkembangan ilmu, teknologi
dan masyarakat.
Aspek-aspek lnovatif dalam Program Pendidikan Guru FKIP-UT
Berbagai inovasi yang telah dilakukan mencakup aspek-aspek: pro-
gram pendidikan dan kurikulum, bahan bela jar, proses pembelajaran, ujian,
sistem pengelolaan, dan pengembangan program. Adapun yang dimaksud
dengan inovasi di sini adalah penerapan ide, konsep, prinsip, serta prosedur
baru yang sengaja dirancang untuk memperoleh sesuatu (proses, basil,
hubungan, situasi) yang lebih baik. Masing-masing inovasi bidang-bidang
tersebut dapat dikemukakan secara singkat sebagai berikut.
1. lnovasi dalam Program Pendidikan dan Kurikulum
Sesuai dengan tuntutan dan tantangan yang ada telah dikembangkan
berbagai program pendidikan yakni Program Penyetaraan Diploma II Gu-
ru Kelas SD (D-II PGSD Guru Kelas) pada tahunl990, Program Penye-
taraan Diploma II Guru Penjaskes SO (D-II PGSD Penjaskes) pada
tahun 1990, Program Penyetaraan Diploma III (D-Ill) PGSM (tahun
1992,1993,1997,1998), Program Pendidikan Guru Rumpun Bidang Studi
(PGRBS) pada tahun 1995, Program Sertifikasi Guru Bidang Studi
138