Page 138 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 138

kualitikasi pendidikan. Jumlah lulusan yang sudah mencapai 219.980 orang
           menunjukkan  peran  nyata  pendidikan  terbuka  dan  jarak jauh  dalam
           meningkatkan kualifikasi guru.


           Program Penyetaraan Diploma Ill Guru SLTP
             Program ini.  yang pada awalnya  bernama Program  Penyetaraan D III

           Guru SMP, dibuka pada tahun akademik 1992/1993. dengan Program Stu-
           di  MIPA  (Matematika dan  llmu  Pengetahuan  Alam).  Tahun  1994/1995
           dibuka program studi  Bahasa  Inggris, dan tahun  1997/1998 dibuka pro-

           gram  studi  Bahasa  Indonesia.  Seperti  halnya  dengan  Program  Penyeta-
           raan  D II  PGSD. program ini juga merupakan kerja sama antara Ditjen

           Dikdasmen dengan Ditjen Dikti, dalam hal  ini Universitas Terbuka. Oleh
          karena  itu,  pembukaan program didasarkan atas permintaan dari  Ditjen
           Dikdasmen. dalam hal ini Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis
          (Dit.  Dikgutentis) sebagai pembina guru di lingkungan Ditjen Dikdasmen.
             Mahasiswa  program  ini  terdiri  dari  para  guru  SMP  (SLTP)  dengan
           Jatar  belakang  pendidikan  Diploma  I atau  Diploma  II  bidang  srudi  yang
          sejenis. Karena  Jatar  belakang yang  berbeda,  lama studi  kedua  masukan
          ini  berbeda.  Dengan  mempertimbangkan  tugas  rutin  seorang  guru  yang
          sedang menempuh program ini, beban studi setiap semester berkisar an-

          tara  12  -15  sks.  Oleh  karena  itu,  lama  studi  masukan  D  I adalah enam
          semester.  sedangkan  lama  studi  masukan  D II  tiga  semester.
             Kurikulum  dikembangkan berdasarkan  analisis  kebutuhan  para  guru
          SLTP serta mengacu  kepada  Kurikulum  D III Kependidikan  Prajabatan.
          Analisis  kebutuhan dilakukan  dengan  mengkaji berbagai hasil penelitian
          (Jiono.  1992; Nasoetion,  1985, Egelstone, J.,  1984) serta menelaah ma-
          sukan dari pengguna lulusan (Dit Dikgutentis, Dit.  Dikmenum).  Pengem-
          bang  kurikulum adalah para pendidik dan  pakar bidang studi dari  berba-
          gai  !KIP dan  Universitas Negeri dan swasta, seperti !KIP Bandung, IKIP

                                         132
   133   134   135   136   137   138   139   140   141   142   143