Page 138 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 138
kualitikasi pendidikan. Jumlah lulusan yang sudah mencapai 219.980 orang
menunjukkan peran nyata pendidikan terbuka dan jarak jauh dalam
meningkatkan kualifikasi guru.
Program Penyetaraan Diploma Ill Guru SLTP
Program ini. yang pada awalnya bernama Program Penyetaraan D III
Guru SMP, dibuka pada tahun akademik 1992/1993. dengan Program Stu-
di MIPA (Matematika dan llmu Pengetahuan Alam). Tahun 1994/1995
dibuka program studi Bahasa Inggris, dan tahun 1997/1998 dibuka pro-
gram studi Bahasa Indonesia. Seperti halnya dengan Program Penyeta-
raan D II PGSD. program ini juga merupakan kerja sama antara Ditjen
Dikdasmen dengan Ditjen Dikti, dalam hal ini Universitas Terbuka. Oleh
karena itu, pembukaan program didasarkan atas permintaan dari Ditjen
Dikdasmen. dalam hal ini Direktorat Pendidikan Guru dan Tenaga Teknis
(Dit. Dikgutentis) sebagai pembina guru di lingkungan Ditjen Dikdasmen.
Mahasiswa program ini terdiri dari para guru SMP (SLTP) dengan
Jatar belakang pendidikan Diploma I atau Diploma II bidang srudi yang
sejenis. Karena Jatar belakang yang berbeda, lama studi kedua masukan
ini berbeda. Dengan mempertimbangkan tugas rutin seorang guru yang
sedang menempuh program ini, beban studi setiap semester berkisar an-
tara 12 -15 sks. Oleh karena itu, lama studi masukan D I adalah enam
semester. sedangkan lama studi masukan D II tiga semester.
Kurikulum dikembangkan berdasarkan analisis kebutuhan para guru
SLTP serta mengacu kepada Kurikulum D III Kependidikan Prajabatan.
Analisis kebutuhan dilakukan dengan mengkaji berbagai hasil penelitian
(Jiono. 1992; Nasoetion, 1985, Egelstone, J., 1984) serta menelaah ma-
sukan dari pengguna lulusan (Dit Dikgutentis, Dit. Dikmenum). Pengem-
bang kurikulum adalah para pendidik dan pakar bidang studi dari berba-
gai !KIP dan Universitas Negeri dan swasta, seperti !KIP Bandung, IKIP
132