Page 134 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 134
usaha yang secara khusus dilakukan untuk meningkatkan kemampuan
profesional guru. usaha umuk meningkatkan kualifikasi guru juga telah
dilakukan bahkan sepanjang masa. Dalam sejarah pendidikan di Indone-
sia. peningkatan kualifikasi guru dilakukan secara bertahap. Tahun 50-an,
persyaratan bagi guru Sekolah Dasar (SO) adalah berijazah Sekolah Guru
B (SGB), yaitu jenjang pendidikan setara SLTP plus (empat tahun setelah
SO): sedangkan bagi guru SMP (SLTP) dipersyaratkan berijazah Seko-
lah Guru A (SGA), yaitu jenjang pendidikan setara SLTA. Tahun 60-an,
persyaratan kualifikasi ini meningkat. Guru SO dipersyaratkan berijazah
Sekolah Pendidikan Guru (SPG), yang setingkat dengan SLTA: sedang-
kan guru SMP dipersyaratkan berijazah Pendidikan Guru Sekolah Lan-
jutan Pertama (PGSLTP). Tahun 1989. dengan SK Mendikbud nomor 0854/
U 11989, persyaratan menjadi guru SO ditingkatkan menjadi setara Di-
ploma II. Sementara itu, tumutan kualifikasi guru SLTP juga meningkat,
meskipun peraturan resmi tidak ada. Guru SLTP dituntut untuk berijazah
minimal setara Diploma III, dan usaha-usaha umuk mewujudkan hal ini
juga telah dilakukan.
Para guru yang perlu ditingkatkan kualifikasinya tersebut berada di
seluruh wilayah tanah air. Ada yang berdomisili di kota, di pinggiran kota,
di desa, bahkan di tempat yang terpencil. Para guru yang berada di kota,
terutama di kota yang ada Lembaga Pendidikan Tenaga Kependidikan
(LPTK). dapat melanjutkan studi sambil bekerja, meskipun hal ini diang-
gap agak berat. Namun, para guru yang berada jauh dari LPTK, tentu
mustahil meninggalkan tugasnya untuk melanjutkan sekolah. Di samping
kendala sosial-ekonomi, dari segi kelangsungan pendidikan di sekolah,
para guru ini tidak mungkin meninggalkan tugasnya untuk melanjutkan
sekolah. Oleh karena itu, dicarilah satu sistem yang memungkinkan para
guru melanjutkan studi sambil tetap mengajar. Universitas Terbuka (UT)
sebagai satu-satunya perguruan tinggi yang menerapkan sistem belajar
128