Page 129 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 129
gunakan salah satu ruangan sekolah SLTP atau SO sebagai pangkalan de-
ngan seorang tenaga pengelola yang mampu juga menjadi tutor.
Agar potensi pendidikan luar sekolah sebagaimana yang kami uraikan
sebelumnya dapat dimanfaatkan dalam menunjang pelaksanaan wajib
belajar 9 tahun, beberapa hal perlu diperhatikan: (1) menyadarkan masya-
rakat bahwa pelaksanaan wajib belajar bukanlah kepentingan pemerintah
melainkan kepentingan seluruh rakyat bangsa Indonesia dalam mening-
katkan kualitas dan martabatnya, (2) bahwa kepada mereka yang tidak da-
pat mengikuti pendidikan sekolah, pendidikan luar sekolah adalah sejajar
dan setara dengan pendidikan sekolah yang setingkat jenjangnya, (3)
menyusun data yang akurat tentang jumlah mereka yang memiliki kemam-
puan mengikuti pendidikan sekolah secara teratut, (4) merencanakan
pelaksanaan program pendidikan sekolah dan luar sekolah secara ter-
koordinasi dan terpadu dalam mencapai anak usia sekolah dalam mengi-
kuti pendi-dikan wajib belajar, baik melalui pendidikan sekolah maupun
pendidikan luar sekolah, dan (5) menyusun program operasi pelaksanaan
pendidikan wajib belajar yang sinkron, terkoordinasi dan terpadu antara
pendidikan sekolah dan pendidikan luar sekolah.
Beberapa Kesimpulan
Beberapa kesimpulan yang dapat ditarik adalah sebagai berikut:
1. Karena berbagai faktor terutama faktor ekonomi dan geografi, tidak
semua orangtua mampu mengirimkan anaknya mengikuti program wa-
jib belajar melalui pendidikan sekolah;
2. Beberapa upaya perlu dilaksanakan agar orangtua mengirimkan anak-
nya mengikuti program wajib belajar, baik melalui jalur sekolah mau-
pun jalur luar sekolah;
3. Peraturan Pemerintah Nomor 73 Tahun 1991 telah memberikan lan-
dasan strategis bagi dikembangkannya program pendidikan luar seko-
123