Page 128 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 128
Perlu diketahui bahwa program Paket A memang semula dikembang-
kan untuk menjadi alat pemberantasan tiga buta (buta aksara Latin, buta
Bahasa Indonesia, dan buta Pendidikan Dasar). Karena itu sampai sekarang
manfaat utamanya adalah memberantas tiga buta. Data statistik tentang
anak usia SD yang mengikuti program Paket A untuk memperoleh
pendidikan setara SD belum ada. Sedangkan program setara SD yang
ditunjang dengan Paket A pada umumnya masih diminati oleh mereka
yang berada di atas usia sekolah. Kenyataan ini tidak salah, karena dalam
kenyataannya sebagian besar tenaga kerja Indonesia 15 tahun ke atas be-
lum berpendidikan SD. Karena itu dipandang dari sudut peningkatan
kualitas sumber daya manusia program setara SD pada umumnya, sete-
lah ditambah dengan bahan tambahan, berakhir dengan mengikuti Upers
SD tetap dipandang penting. Dalam menghadapi Repelita IV agar semua
anak usia SD benar-benar terjangkau dalam mengikuti pendidikan dasar
penggal pertama, Ditjen Diklusepora akan merevisi Paket A agar serasi
dengan tujuan penyelenggaraan pendidikan sekolah dasar yang setara dan
merencanakan suatu sistem penyelenggaraan Kejar Paket A bagi anak
usia sekolah yang lebih terorganisasi dan terencana.
Paket B adalah program yang dirancang untuk menyelenggarakan
pendidikan setara dengan SLTP. Pada saat ini sifatnya masih rintisan.
Walaupun demikian beberapa daerah telah memanfaatkannya secara
massal. Namun dt mikian data yang akurat tentang partisipasi anak usia
SLTP dalam program Paket B belum kami peroleh. Karena itu pada saat
ini ada beberapa kegiatan yang sedang kami siapkan menyongsong
.
pencanangan wajib belajar peQdidikan dasar 9 ~tahun . Antara lain
'•
mengembangka~ bahan pelajaran dalam bentuk paket modul untuk para
peserta didik usia sekolah SLTP sehingga pada bulan Juli 1994 sudah dapat
digunakan. Bahan pelajaran ini dasarnya adalah kurikulum 1994, di sam-
ping itu kami merancang model pelaksanaan KEJAR Paket B yang meng-
122