Page 126 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 126

mencapai angka transisi  95%  seperti OKI,  di samping  masih ada  yang
            baru sekitar 45%.  Oalam pada  itu  pada  setiap propinsi  ada perbedaan
            antar  kabupaten.  Sebagai  contoh  untuk  sebuah  propinsi  dengan  angka
            transisinya 45%, di dalamnya ada kabupten yang angka transisinya baru
            sekitar  21 %.  Karena  itu  dalam  merencanakan pengembangan program
            pendidikan dasar 9 tahun perlu didasarkan atas data dari tingkatan kabupa-
            ten.  Atas dasar angka transisi ini jelas bahwa angka partisipasi untuk se-
            kolah  lanjutan  tingkat  pertama  belum mencapai  50%.  Karena  angka
            partisipasi kalau 100% anak usia 7 tahun masuk SO dengan angka retensi
            75% dan transisi 65% dari 65%. Angka transisi yang demikian dan otoma-
            tis  menjadi  angka partisipasi  yang  rendah  ini  keadaannya  ditambah de-
            ngan lebih tingginya angka putus sekolah pada SLTP daripada sekolah da-
           sar.  Kalau  pada  SO  angka  putus  sekolah  4,1%,  pada SLTP  angkanya
           mencapai 6,5%.
              Kenyataan bahwa tidak semua  lulusan SO melanjutkan  ke  SLTP dan
           tidak  semua  siswa  SLTP  menyelesaikan  pendidikannya  merupakan  tan-
           tangan yang  harus diatasi agar rencana wajib belajar pendidikan dasar 9
           tahun dapat dilaksanakan secara  konsekuen,  artinya  paling  tidak mem-
           berikan kesempatan kepada lulusan SO dan lulusan pendidikan yang se-
           tara untuk dapat mengikuti pendidikan SLTP. Untuk itu berbagai interven-
           si perlu dilakukan, baik dengan jalan meringankan beban orangtua dalam
           menyekolahkan  anaknya  ke  SLTP  maupun  dengan  mengembangkan
           program-program setara agar cita-cita memberikan pendidikan minimal
           pendidikan dasar 9 tahun kepada warga negara Indonesia dapat tercapai.
           Oisadari bahwa faktor ekonomi dan geografi tetap merupakan pengham-
           bat utama bagi kurang dapat ditingkatkan angka transisi dari SO ke SLTP.
           Karena itu upaya untuk meringankan beban keuangan orangtua memberi-
           kan pendidikan kepada mereka yang  sukar mengikuti  pendidikan secara
           teratur perlu dilaksanakan. Oi samping itu rendahnya perbedaan pengha-

                                          120
   121   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131