Page 121 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 121
tersebut setingkat dengan pemilik ijazah SPG. Kemudian kegiatan BPG
tersebut meningkat dalam menyediakan kursus tertulis untuk ijasah Bl
seperti Bl Ilmu Mendidik.
Teknologi pendidikan pada awal mulanya berkembang untuk mening-
katkan kemampuan mengajar para guru.
4. Program Studi Teknologi Pendidikan
Sejalan dengan berkembangnya teknologi, khususnya teknologi ko-
munikasi, maka teknologi pendidikan memperoleh isi yang lebih luas.
Apabila pada permulaan perkembangannya teknologi pendidikan teruta-
ma ditujukan untuk meningkatkan kemampuan mengajar para guru, kini
memperoleh isi yang lebih luas yaitu teknologi belajar, baik dalam arti
belajar tatap muka maupun belajar mandiri. Program studi teknologi
pendidikan lahir di berbagai LPTK seperti di IKIP Jakarta dan Bandung
pada tahun 70-an, bahkan di dalam perkembangannya IKIP Jakarta
mempelopori program studi sampai jenjang S2 dan S3.
5. lnovasi Pendidikan
Meskipun inovasi pendidikan di Indonesia berjalan tersendat-sendat
namun didesak oleh kebutuhan dan didukung oleh kemajuan teknologi
komunikasi, maka teknologi pendidikan juga memasuki inovasi pendidik-
an nasional. Sebagai kasus yang dapat diketengahkan pada permulaan 70-
an dikembangkan suatu proyek untuk pengembangan Sekolah Dasar. Pro-
yek pengembangan Sekolah Dasar di Jawa Tengah menggunakan radio
sebagai sarana antara lain untuk meningkatkan kemampuan para guru.
Eksperimen Jawa Tengah boleh dikatakan berhasil sehingga oleh peme-
rintah didirikanlah balai-balai untuk pengembangan media pendidikan di
empat propinsi yaitu di Jakarta, Semarang, Yogya dan Surabaya. Balai
yang ada di Jakarta kemudian menjelma menjadi Pusat Teknologi Komu-
115