Page 120 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 120

2.  Education for All
              Dewasa  ini  dunia  melihat pendidikan merupakan hak manusia.  Pen-
           didikan haruslah dijadikan sebagai kebutuhan pokok bagi mempertahan-
           kan  dan  meningkatkan  martabat  manusia.  Hasil  Konperensi  Dunia  di
           Yomtien tahun 1990 merumuskan betapa gerakan Education for All telah
           merupakan tuntutan dunia modern.  Oleh sebab itu  kesempatan yang se-
           luas-luasnya  harus  diberikan  kepada  semua  warga  negara  untuk
           mcmpcroleh  pendidikan.  Cara-cara  yang  konvcnsional  yang  selama  ini
           dikenal  seakan  membatasi  kesempatan  tersebut  oleh  karena  hambatan-
           hambatan dana,  sumber daya,  dan hambatan geografis.  Namun dengan
           kemajuan teknologi komunikasi  hambatan-hambatan tersebut dapat dia-
           tasi.  Di sinilah peranan teknologi komunikasi  untuk menjangkau setiap
           orang di mana pun tempatnya.


           3.  Teknologi Pendidikan
              Teknologi pendidikan sebenarnya telah cukup lama dikenal dalam du-
           nia pendidikan di Indonesia.  Pada tahun 50-an di Bandung didirikanlah
           Science Teaching Center (STC) dalam rangka bantuan Rencana Colombo.
           Di  dalam  pusat  tersebut  dikembangkan  cara-cara  mengajarkan science
           dengan lebih tepat dan menarik. Untuk hal tersebut diadakan percobaan-
           percobaan  untuk memproduksi  alat-alat  peraga  sederhana  sebagai  alat
           bantu  mengajarkan  science.  STC  kemudian  menjadi  Teaching  Media
           Center untuk memproduksi alat bantu mengajar dan cara menggunakan
           alat-alat  elektronik  yang  pada  waktu  itu  sudah  mulai  memasuki  dunia
           pendidikan.
             Selain STC  maka di Bandung pada tahun 1955 didirikan Balai Pendi-
           dikan Guru Tertulis (BPG Tertulis). BPG Tertulis dimaksudkan untuk me-
           ningkatkan mutu guru-guru yang kebanyakan masih berijasah SGB. Kur-
           sus  tertulis  dimaksudkan  untuk  meningkatkan pengetahuan guru-guru

                                         114
   115   116   117   118   119   120   121   122   123   124   125