Page 119 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 119
pendidikan tinggi. Tabel 1 menunjukkan angka partisipasi mahasiswa
pendidikan tinggi yang relatif sangat tertinggal dibandingkan dengan ne-
gara-negara tetangga. Menyadari akan pentingnya pendidikan tinggi bagi
peningkatan kecerdasan kehidupan bangsa, maka pada tahun 1984 didi-
rikanlah Universitas Terbuka yang kini telah merupakan salah satu me-
ga-university di dunia.
Demikianlah keenam faktor yang telah menunjang dan memacu lahir-
nya PTJJ di Indonesia. Apabila pada waktu lahirnya PTJJ masih bersifat
komplementer terhadap pendidikan formal yang dikenal pada masa itu,
sehingga dengan demikian masih bersifat pendidikan alternatif, maka
dewasa ini PTJJ telah merupakan bagian yang terintegrasi dari sistem
pendidikan nasional.
Beberapa Faktor Pendukung Pengembangan PT JJ di Indonesia
Di samping kondisi yang kondusif yang telah melahirkan PTJJ di In-
donesia, terdapat pula beberapa faktor pendukung pengembangan PTJJ.
Di bawah ini dikemukakan beberapa faktor tersebut yang bahkan meru-
pakan cikal-bakal dari bertumbuh-kembangnya PTJJ.
1. Falsafah Belajar Seumur Hidup
Sungguhpun falsafah pendidikan seumur hidup telah lama dikenal di
dalam konsep pendidikan Indonesia dengan adanya pendidikan masyara-
kat, namun belajar seumur hidup sebagai suatu konsep pendidikan dite-
rima oleh dunia pendidikan di Indonesia relatif belum lama. Di dalam
konsep ini dikemukakan bahwa manusia harus terus-menerus belajar
sepanjang hayatnya. Di dalam era reformasi dewasa ini prinsip tersebut
memang benar adanya. Manusia yang berhenti belajar adalah manusia
yang tidak dapat hidup di dalam dunia yang terbuka.
113