Page 118 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 118

Paket  A  melalui jalur pendidikan nonformal.  Pada  tingkat  sekolah  me-
            nengah,  pada tahun  1979/80 dibuka 5 buah SMP Terbuka  Perintisan di
            Lampung Selatan, Cirebon, Tegal, Jember dan Lombok Barat. Demikian
           pula terdapat program belajar Paket B yang  setara dengan SMP sedang-
           kan Paket C  yang  direncanakan setara dengan Sekolah Menengah Ting-
           kat  Atas.  Dan pada  akhirnya  pada  tahun  1984  secara  resmi  didirikan
            Universitas Terbuka.


           5.  Keberhasilan Kuantitas Program INPRES SO
              Seperti yang telah diuraikan di de pan pada akhir PELITA I telah dimu-
           lai pelaksanaan pembangunan SD melalui program INPRES SD.  Tabel 2
           menunjukkan perkembangan INPRES SD sampai akhir PELITA Ill.  Se-
           perti  yang  telah  dijelaskan  keberhasilan  program  INPRES  SD  telah
           menghasilkan antara lain pengakuan UNESCO mengenai Wajib Belajar 6
           tahun yang dicapai Indonesia pada tahun 1984. Sungguhpun tidak mung-
           kin tercapai angka partisipasi murni 100%, namun usaha yang dilaksana-
           kan Indonesia patut dihargai mengingat keadaan geografis  yang sulit. Peng-
           akuan dunia terhadap sukses Indonesia tersebut dinyatakan dengan  Bin-
           tang Aviciena yang diberikan UNESCO kepada Presiden Republik Indo-
           nesia.  Keberhasilan  kuantitatif program  INPRES  SD mendesak ke  atas
           yaitu tuntutan untuk menyediakan pendidikan pada tingkat berikutnya. De-
           mikian pula seterusnya sampai kepada pendidikan tinggi.


           6.  Ketertinggalan Pembangunan  Pendidikan  Tinggi
              Pendidikan tinggi di Indonesia memang baru dikenal pada tahun 20-an
           dengan didirikannya Perguruan Tinggi Teknik Bandung (THS Bandung) yang
           kemudian diikuti oleh Pendidikan Tinggi Kedokteran, Pendidikan Tinggi
           Hukum,  Pendidikan Tinggi Pertanian dan Pendidikan Tinggi  Sastra dan
           Filsafat.  Pada  masa  kolonial  terdapat  keterbatasan  untuk  memperoleh

                                          112
   113   114   115   116   117   118   119   120   121   122   123