Page 113 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 113

manusianya.  Thntutan human development mulai berkembang, perhatian

         mulai  diarahkan  kepada kebutuhan dasar  manusia  terutama pendidikan
         dan kesehatan. Pada saat yang bersamaan para pemikir pembangunan di
         Indonesia  saat  itu  sedang  giat-giatnya  memasyarakatkan  konsep  aksele-
         rasi pembangunan nasional.  Dipacu oleh keinginan untuk meningkatkan
         taraf kesejahteraan bangsa,  maka  terdapat  keinginan  untuk  memperce-
         pat pembangunan terutama pembangunan manusianya. Pada masa itu ber-
         kembanglah strategi pembangunan nasional  yang dikenal  sebagai Trilogi
         Pembangunan dengan enam jalur pemerataan  (equity).  Salah satu jalur
         pemerataan itu  ialah  kesempatan yang sebesar-besarnya untuk memper-
         oleh pendidikan sesuai dengan amanat UUD  1945. Pada saat bersamaan
         Indonesia ketiban  rejeki  (windfall  money)  akibat  naiknya  harga  minyak
         dunia. Seperti kita ketahui pada tahun 1973 harga minyak dunia melonjak
         dari 2,93 dollar per barrel menjadi 10,80 dollar per barrel dan harga ter-
         sebut terus-menerus  naik sehingga Indonesia  memperoleh surplus  dana
         untuk  pembangunannya.  Pada tahun  terakhir REPELITA  I  dilancarkan-
         lah  program  INPRES  Pembangunan  Sekolah  Dasar  atau  INPRES  SD.
         Maksud  program  JNPRES  SD  itu  ialah  untuk  mempercepat pendidikan
         sekolah  dasar bagi  semua  anak Indonesia.  Tabel  2  dan  3  menunjukkan
         perkembangan  INPRES  SD  sampai  akhir  REPELITA  III  yang  telah
         memacu jumlah siswa  sekolah dasar dengan angka partisipasi dari 64%
         pada tahun 1969 menjadi 99,5 %.
            Akselerasi  pembangunan  fisik  tersebut  tentunya  meminta  berbagai
         tuntutan di  dalam  peningkatan mutu  pendidikan.  Kunci  utama di  dalam
         peningkatan  mutu  ialah  mutu.  Oleh  sebab  itu  lahirlah  berbagai  inovasi
         untuk  meningkatkan  mutu  guru  SD  yang  kebanyakan  belum  qualified.
         Lahirlah berbagai  inovasi  pendidikan melalui teknologi pendidikan serta
         berbagai  usaha  Jainnya  untuk  mempercepat  atau  menyerasikan  pertum-
         buhan kuantitatif dengan peningkatan kualitatif pendidikan.

                                        107
   108   109   110   111   112   113   114   115   116   117   118