Page 127 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 127

silan  Julusan  SLTP  dibandingkan  dengan  lulusan SD  nampaknya  ilrut
        mempengaruhi  daya  tarik  SLTP.  Faktor  sosial  budaya  nampaknya  juga
        mempengaruhi daya tarik SLTP.


        Peranan Program Kejar Paket A dan Program Kejar Paket B
        Dalam Menunjang Pelaksanaan Wajlb Belajar Pendldlkan Dasar
           Pasal 18 Peraturan Pemerintah Nomor 73 Thhun 1991 menetapkan bah-
        wa  Pendidikan  Luar  Sekolah  yang  setara  dengan  pendidikan  dasar
        diselenggarakan pada Kelompok Belajar Paket A dan Kelompok Bela-jar
        B. Selanjutnya dalam pasal yang sama ditetapkan bahwa Program Paket A
        setara dengan sekolah dasar dan program Paket B setara dengan sekolah
        lanjutan  tingkat  pertama.  Ini  berarti  bahwa secara  potensial  Undang-
        Undang Nomor 2 tahun1989 yang menetapkan Pendidikan Luar Sekolah
        sebagai bagian yang terpadu dari sistem pendidikan nasional dan sejajar
        dengan pendidikan sekolah, dan PP Nomor 73 Thhun 1991 telah merancang
        suatu kerangka strategi penyelamat agar mereka yang tidak dapat mengi-
        kuti pendidikan sekolah dapat memperoleh pendidikan yang setara dengan
        pendidikan sekolah melalui pendidikan luar sekolah.
           Dalam kaitan dengan Kaidah  Undang-Undang  Nomor 2 Thhun  1989
        dan PP Nomor 73 tahun 1991 sebagai dikutip dalam alinea 08 dan kenyataan
        adanya usia sekolah yang tidak mengikuti pendidikan sekolah, bukan kare-
        na sekolah tidak mampu menampung, melainkan karena peserta didik ti-
        dak dapat mengikuti pendidikan sekolah secara teratur, kami memandang
        bahwa  program  usia  sekolah  SD  yang  meninggalkan  sekolah  sebelum
        waktunya.  Dan Program Kejar Paket B melayani mereka yang tidak me-
        lanjutkan ke SLTP dan melayani mereka yang meninggalkan SLTP sebelum
        waktunya. Bagaimanakah keadaannya sekarang? Butir berikut akan men-
        coba  mengulas  bagaimana  perkembangan  kedua  program tersebut dan
        bagaimana  rencananya.
                                       121
   122   123   124   125   126   127   128   129   130   131   132