Page 133 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 133
PENINGKATAN KUALIFIKASI GURU
DAN PROGRAM PENYETARAAN
I.G.A.K. Wardani
Pendahuluan
Rendahnya mutu pendidikan merupakan salah satu dari empat masa-
lah pokok pendidikan yang telah diidentifikasi sejak tahun 60-an. Meski-
pun sudah banyak usaha yang dilakukan, sampai kini masalah mutu
pendidikan tampaknya belum dapat dipecahkan. Keluhan tentang rendahnya
mutu lulusan masih terus bergema. Lulusan SD, SLTP, dan SLTA belum
mampu bernalar dan berpikir kritis, serta masih sangat tergantung kepada
guru (D. Nielson, dkk, 1996; Nasoetion,l996). Kemampuan siswa untuk
mandiri belum terwujud, sehingga prakarsa siswa untuk memulai sesuatu
tidak terlampau sering ditemukan. Penguasaan siswa lebih terfokus pada
pe-ngetahuan faktual karena itulah yang dituntut dalam ujian akhir. Ren-
dahnya Nilai Ebtanas Mumi (NEM) tahun 1997/1998 dan tahun 1998/ 1999
yang diberitakan dalam berbagai media massa juga merupakan indikator
mutu pendidikan yang belum sesuai dengan harapan. Pangkal penyebab
dari semua ini tentu sangat banyak, tetapi tudingan utama banyak dituju-
kan kepada guru karena gurulah yang merupakan ujung tombak di lapang-
an yang bertemu dengan siswa secara terprogram (Wardani, 1998).
Untuk menjawab tantangan yang ditujukan kepada guru seperti terse-
but di atas, berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kemam-
puan guru. Berbagai penataran guru, baik yang dilakukan secara berkala
maupun yang dilakukan secara berkesinambungan telah dilakukan. Selain
127