Page 133 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 133

PENINGKATAN  KUALIFIKASI GURU
                      DAN  PROGRAM PENYETARAAN





                                 I.G.A.K. Wardani





        Pendahuluan
           Rendahnya mutu pendidikan merupakan salah satu dari empat masa-
        lah pokok pendidikan yang telah diidentifikasi sejak tahun 60-an.  Meski-
        pun  sudah  banyak  usaha  yang  dilakukan,  sampai  kini  masalah  mutu
        pendidikan tampaknya belum dapat dipecahkan. Keluhan tentang rendahnya
        mutu lulusan masih terus bergema. Lulusan SD, SLTP, dan SLTA belum
        mampu bernalar dan berpikir kritis, serta masih sangat tergantung kepada
        guru (D. Nielson, dkk, 1996; Nasoetion,l996). Kemampuan siswa untuk
        mandiri belum terwujud, sehingga prakarsa siswa untuk memulai sesuatu
        tidak terlampau sering ditemukan.  Penguasaan siswa lebih terfokus pada
        pe-ngetahuan faktual  karena itulah yang dituntut dalam ujian akhir.  Ren-
        dahnya Nilai Ebtanas Mumi (NEM) tahun 1997/1998 dan tahun 1998/ 1999
        yang diberitakan dalam berbagai media massa juga merupakan indikator
        mutu pendidikan yang  belum sesuai dengan  harapan.  Pangkal  penyebab
        dari semua ini  tentu sangat banyak,  tetapi tudingan utama banyak dituju-
        kan kepada guru karena gurulah yang merupakan ujung tombak di lapang-
        an yang bertemu dengan siswa secara terprogram (Wardani,  1998).
           Untuk menjawab  tantangan yang ditujukan kepada guru seperti terse-
        but di  atas, berbagai usaha telah dilakukan untuk meningkatkan kemam-
        puan guru.  Berbagai penataran guru, baik yang dilakukan secara berkala
        maupun yang dilakukan secara berkesinambungan telah dilakukan. Selain

                                       127
   128   129   130   131   132   133   134   135   136   137   138