Page 136 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 136
dihc!rlakukan mulai tahun akademik 1997/1998. Penyempurnaan menga-
cu kepada Kurikulum PGSD Prajabatan 1995, serta berbagai masukan
dari lapangan.
Untuk pedoman pelaksanaan program dikembangkan Panduan Penye-
Jenggaraan Program D II PGSD (disingkat PPD) sebanyak 10 seri (PPDl
s.d. PPD 10). mulai dari Sistem Penyelenggaraan sampai dengan Pe-
ngelolaan Administrasi Daerah. PPD ini disempurnakan secara berkala
berdasarkan masukan dari lapangan. Masukan datang dari para tutor, pe-
ngelola, mahasiswa, dan pengembang program. Dalam rapat koordina-
si. masukan terse but dibahas dan hasi lnya digunakan untuk menyem-
purnakan PPD.
Untuk membantu mahasiswa menguasai materi modul dan mene-
rapkannya dalam pembelajaran di SD, UT menyediakan program tutorial
yang wajib diikuti oleh mahasiswa. Di samping tutorial, mahasiswa wa-
jih mengikuti praktikum IPA dan Pemantapan Kemampuan Mengajar
(PKM). yang disupervisi oleh instruktur praktikum dan supervisor PKM.
Penguasaan mahasiswa dinilai melalui tugas mandiri (TM), ujian akhir
semester (UAS). laporan praktikum, ujian praktik, dan ujian PKM. Se-
mua kegiatan akademik ini diselenggarakan oleh kelompok bela jar di ting-
kat kecamatan. Para tutor. instruktur praktikum, dan supervisor PKM
adalah para pendidik yang berpendidikan minimal Diploma III Ke-
pendidikan dengan bidang studi yang relevan dan diutamakan yang mem-
punyai pengalaman mengajar di SD. Sebelum melaksanakan tugas, me-
reka mendapat pelatihan dari para tutor inti, baik dalam pendalaman ma-
teri. maupun dalam pengelolaan tutoriaL praktikum. dan PKM. Para tu-
tor inti dilatih di tingkat pusat. dengan materi pelatihan yang disiapkan dan
disajikan oleh FKIP-UT bersama para penulis modul.
Jumlah guru yang mengikuti program penyetaraan bervariasi dari ta-
hun ke tahun. Di samping mahasiswa yang mendapat beasiswa dari APBN
130