Page 140 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 140

Dari Tabel  2  di  atas dapat  dilihat jumlah mahasiswa yang  mendaftar
            dan yang sudah lulus dari Program Penyetaraan D IJI Guru SLTP. Jumlah
            lulusan yang sudah  mencapai  24.863 orang dapat menggambarkan beta-
            pa hesar peran pendidikanjarakjauh dalam meningkatkan kualifikasi gu-
            ru  SLTP.  Peran  ini  akan  masih  terus  diperlukan  karena  setelah  empat
           jenis program dibuka, program lain akan menyusul, sehingga seluruh gu-
            ru  hidang  srudi  di  SLTP  dapat  meningkatkan  jenjang  pendidikannya.
            Program studi  yang segera akan menyusul adalah IPS. Dengan demikian,
            guru-guru SLTP dari  lima  bidang studi akan  dapat  memanfaatkan kebe-
            radaan UT untuk meningkatkan kualifikasinya.


            Daftar Pustaka
            DepJikbud. ( 1990). Pedoman penyelenggaraan program penyeraraan D II
                guru  sekolal!  dasar  (I  s.d.  10).  Jakarta:  Proyek  Peningkaran  Mutu
                Guru SD Setara D  II .
            Depdikbud. ( 1992). Panduan penyelenggaraanprogrum penyetaman DIll
                guru SMP (I s.d. 8). Jakarta:  Proyek Penataran Guru SLTP Setara D
                III.
            Egelston.  J.  ( 1984).  A SU/1111/Qtive  evalumion of pemantapan  ke1:ja  guru.
                Jakarta:  Ditj~n Dikdasmen.
            Jiono. ( 1992).  Laporan penelitian kemampuan lpenl{fhaman guru tentang
                IPA  dan sarana pelajaron!PA di SMP.  Jakarta: Balitbang-Dikbud.
            Nasoetion, N. ( 1985). Laporan penelitian proses belajar-mengajar bidang
                studi IPA  di SPG negeri Cianjur.  Jakarta: Balitbang  Dikbud.
            Nasoetion. N. ( 1996). Lapomn pendidikan!PA dan teknologi di SMP (Sci-
                ence and technology secondary education projecf).  Naskah disajikan
                pada Seminar Dies Natalis  UT, 28 Agustus  1996).
            Nielson.  D .. Somerset, A ..  Mahadi.  R .. &  Wardani. I G.  A.  K. (1996).
                Srltrengthening Teacher Competency and Studellf Learning.  Jakarta:

                                           134
   135   136   137   138   139   140   141   142   143   144   145