Page 140 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 140
Dari Tabel 2 di atas dapat dilihat jumlah mahasiswa yang mendaftar
dan yang sudah lulus dari Program Penyetaraan D IJI Guru SLTP. Jumlah
lulusan yang sudah mencapai 24.863 orang dapat menggambarkan beta-
pa hesar peran pendidikanjarakjauh dalam meningkatkan kualifikasi gu-
ru SLTP. Peran ini akan masih terus diperlukan karena setelah empat
jenis program dibuka, program lain akan menyusul, sehingga seluruh gu-
ru hidang srudi di SLTP dapat meningkatkan jenjang pendidikannya.
Program studi yang segera akan menyusul adalah IPS. Dengan demikian,
guru-guru SLTP dari lima bidang studi akan dapat memanfaatkan kebe-
radaan UT untuk meningkatkan kualifikasinya.
Daftar Pustaka
DepJikbud. ( 1990). Pedoman penyelenggaraan program penyeraraan D II
guru sekolal! dasar (I s.d. 10). Jakarta: Proyek Peningkaran Mutu
Guru SD Setara D II .
Depdikbud. ( 1992). Panduan penyelenggaraanprogrum penyetaman DIll
guru SMP (I s.d. 8). Jakarta: Proyek Penataran Guru SLTP Setara D
III.
Egelston. J. ( 1984). A SU/1111/Qtive evalumion of pemantapan ke1:ja guru.
Jakarta: Ditj~n Dikdasmen.
Jiono. ( 1992). Laporan penelitian kemampuan lpenl{fhaman guru tentang
IPA dan sarana pelajaron!PA di SMP. Jakarta: Balitbang-Dikbud.
Nasoetion, N. ( 1985). Laporan penelitian proses belajar-mengajar bidang
studi IPA di SPG negeri Cianjur. Jakarta: Balitbang Dikbud.
Nasoetion. N. ( 1996). Lapomn pendidikan!PA dan teknologi di SMP (Sci-
ence and technology secondary education projecf). Naskah disajikan
pada Seminar Dies Natalis UT, 28 Agustus 1996).
Nielson. D .. Somerset, A .. Mahadi. R .. & Wardani. I G. A. K. (1996).
Srltrengthening Teacher Competency and Studellf Learning. Jakarta:
134