Page 145 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 145
Pembelajaran (GBPP). Model kurikulum yang dipakai adalah objectives
model atau model kurikulum berorientasi tujuan. Karena itu alur
pengembangan kurikulum dimulai dengan penetapan tujuan kurikuler setiap
program, penetapan topik inti dan matakuliah, perumusan tujuan
pembelajaran, pemilihan dan pengorganisasian pokok bahasan dan sub
pokok bahasan yang akan menjadijudul modul, dan perumusan tujuan dan
rincian pokok materi setiap modul. Semua perangkat kurikulum yang
dihasilkan dari proses pengembangan terse but difinalkan melalui kegiatan
pembahasan, perumusan, penelaahan, dan penetapan akhir setiap perangkat
kurikulum yang melibatkan unsur terkait secara sinergistik.
Jika dilihat secara keseluruhan inovasi yang dilakukan dalam program
dan kurikulum mencakup sejumlah inovasi dalam perencanaan program,
perancangan program, pengembangan program, pengerahan dan
pemberdayaan sumber daya manusia terpilih, dan pengembangan seluruh
perangkat kurikulum, serta siklus evaluasi kurikulum secara reflective,
yakni evaluasi terhadap rasional, rancangan, dan komponen program, dan
evaluasi formative terhadap setiap perangkat kurikulum yang dihasilkan
dalam konteks pengembangan yang berlangsung.
2. lnovasi dalam Bahan Belajar
Berkenaan dengan komponen Bahan Belajar telah dilakukan berbagai
innovasi yang menyangkutjenis, format, dan isi. Selain modul sebagai ba-
han belajar utama seperti dalam program reguler, telah dikembangkan
bahan belajar pendukung berupa Kit IPA PGSD, Kit Musik PGSD, Kaset
Audio lnteraktif (KAI), Kaset Video Interaktif (KVI), Model Uji Coba
Computer-Assissted Instruction (CAl), Bahan Penyerta Siaran Radio,
Naskah Siaran Radio Pendidikan, serta Bahan Tutorial Pemandu Awal.
141