Page 144 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 144

II,  D-Ill, Sl) dengan beban belajar sesuai dengan aturan akademis yang
           berlaku, yang pada gilirannya nanti dapat meningkatkan  mutu pendidikan
           persekolahan.  Sedangkan  khusus  untuk  PGRBS  diorientasikan  untuk
           pemenuhan  kewenangan  operasional  dan  perataan  kemampuan  minimal
           guru untuk mengajar dua  mata pelajaran yang  serumpun,  misanya guru
           yang  berijasah  O-Il  PMP  karena  keadaan  diberi  tugas  mengajar  mata
           pelajaran  PKn dan  IPS  di SMP Kecil,  dan untuk PSGBS diorientasikan
           kepada  pemenuhan  kewenangan  operasional  dan  perataan  kemampuan
           minimal guru untuk mengajar mata pelajaran yang selama ini  diasuhnya
           tetapi  di  luar bidang  keahlian formal  menurut ijasahnya,  misalnya  guru
           yang  berijasah  D-11  IPA  karena  keadaan  telah  diberi  tugas  mengajar
           Matematika  di  SLTP.  Kedua  program  ini  benar-benar  merupakan  cus-
           tomized program, yakni program yang kurikulumnya diramu untuk tujuan
           tertentu  dari  mata  kuliah  yang  terdapat dalam  kurikulum  program  D-II
           dan atau D-III bidang studi program reguler. Sementara itu, di luar kedua
           program  ini,  kurikulum  program  lain  dirancang  khusus  atas  dasar  ku-
           rikulum  nasional  yang  disesuaikan  dengan  karakteristik  program  yang
           dipesan.  Untuk itu, program fni dapat dipandang sebagai semi-customized
           program.
              Sebagai  customized program,  pengembangan  kurikulum  telah  meli-
           batkan  berbagai  unsur  terkait,  dalam  ini  para  pengambil  keputusan  di
           lingkungan Ditjen Dikdasmen sebagai user atau pengguna lulusan,  Kon-
           sorsium  llmu  Pendidikan  (KIP)  Ditjen  Dikti  sebagai  pengendali  mutu
           program dan  lulusan,  ahli  bidang  studi  dan  pembelajaran  dari  LPTK,
           praktisi bidang studi dari lingkungan dunia persekolahan, serta ahli dan
           praktisi teknologi pendidikan dari UT dan Pustekkom. Dengan perkataan
           lain, pengembangan kurikulum program-program itu telah dilakukan secara
           sinergistik. Perangkat kurikulum yang dikembangkan mencakup Struktur
           Kurikulum,  Diskripsi  Matakuliah,  dan  Garis-Garis  Besar  Program

                                         140
   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148   149