Page 143 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 143
(PSGBS) (1997}, Program Strata 1 (Sl) PGSM- Bank Dunia pada tahun
1997, Program Diploma II (D-II) Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak
(PGTK) pada tahun 1998, Program Akta Mengajar Baru pada tahun 1998,
Program Sl Teknologi Pendidikan pada tahun1998, serta Program S1
PGSD, Program Sl Penjaskes, dan Program Sl PKn, Sejarah, Geografi,
dan Ekonomi pada tahun 1999.
Jika dilihat dari rasionalnya, program-program pendidikan tersebut
dapat dikelompokkan ke dalam dua kategori. Pertama, program yang
dikembangkan atas dasar kebutuhan nyata berdasarkan kebijakan pe-
merintah yakni Program: D-11 PGSD Guru Kelas, D-11 PGSD Guru Pen-
jaskes SD, D-Ill PGSMP (Pendidikan: Matematika, IPA, Bahasa lnggris,
Bahasa Indonesia, Kewarganegaraan, dan Ekonorni), PGRBS, PSGBS,
S1 PGSM-Bank Dunia, dan D-II PGTK. Kedua, program yang dikem-
bangkan atas dasar kebutuhan yang diantisipasi berdasarkan basil studi
kelayakan, yakni Program: S1 Teknologi Pendidikan, Sl PGSD, S1 Pen-
jaskes, S 1 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn}, Sl Pendidikan Geografi,
Sl Pendidikan Sejarah, dan Sl Pendidikan Ekonorni. Program yang ter-
masuk kategori pertama merupakan program inovasi yang dipesan se-
suai dengan kebutuhan, dalam hal ini sebagai kebutuhan jaman yang telah
menjadi keputusan politik pemerintah. Karena itu inovasi yang dilakukan
dapat dikategorikan sebagai government's policy-based innovation. Se-
dangkan program yang termasuk kategori kedua merupakan program
inovasi yang sesuai dengan kebutuhan yang secara sosial dan akadernis
diperkirakan akan ada. Karena itu inovasi yang dilakukan untuk meng-
hasilkan program ini dapat dikelompokkan sebagai research-based in-
novation.
Jika dilihat dari tujuannya, selain PGRBS dan PSGBS program terse-
but diorientasikan kepada upaya peningkatan kualifikasi formal guru (D-
139