Page 143 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 143

(PSGBS) (1997}, Program Strata 1 (Sl) PGSM- Bank Dunia  pada tahun
          1997, Program Diploma II (D-II) Pendidikan Guru Taman Kanak-Kanak
          (PGTK) pada tahun 1998, Program Akta Mengajar Baru pada tahun 1998,
          Program  Sl  Teknologi  Pendidikan  pada tahun1998,  serta  Program S1
          PGSD, Program Sl Penjaskes, dan Program Sl PKn, Sejarah, Geografi,
          dan Ekonomi  pada tahun 1999.

             Jika  dilihat  dari  rasionalnya,  program-program pendidikan  tersebut
          dapat  dikelompokkan  ke  dalam  dua  kategori.  Pertama,  program  yang
          dikembangkan  atas  dasar  kebutuhan  nyata  berdasarkan  kebijakan  pe-
          merintah yakni Program: D-11  PGSD Guru Kelas,  D-11  PGSD Guru Pen-
          jaskes SD, D-Ill PGSMP (Pendidikan: Matematika, IPA, Bahasa lnggris,
          Bahasa  Indonesia,  Kewarganegaraan,  dan  Ekonorni),  PGRBS,  PSGBS,
          S1  PGSM-Bank  Dunia,  dan  D-II PGTK.  Kedua,  program yang  dikem-
          bangkan  atas  dasar  kebutuhan  yang  diantisipasi  berdasarkan  basil  studi
          kelayakan, yakni Program: S1  Teknologi Pendidikan, Sl PGSD, S1  Pen-
          jaskes, S 1 Pendidikan Kewarganegaraan (PKn}, Sl Pendidikan  Geografi,
          Sl Pendidikan Sejarah, dan Sl  Pendidikan Ekonorni. Program yang ter-
          masuk  kategori  pertama  merupakan  program inovasi  yang  dipesan  se-
          suai dengan kebutuhan, dalam hal ini sebagai kebutuhan jaman yang telah
          menjadi  keputusan politik pemerintah. Karena itu inovasi yang dilakukan
          dapat  dikategorikan  sebagai  government's policy-based innovation.  Se-
          dangkan  program yang  termasuk  kategori  kedua  merupakan  program
          inovasi  yang  sesuai  dengan kebutuhan yang  secara sosial  dan akadernis
          diperkirakan  akan  ada.  Karena  itu  inovasi  yang  dilakukan  untuk meng-
          hasilkan  program  ini  dapat  dikelompokkan  sebagai  research-based  in-
          novation.

             Jika dilihat dari tujuannya,  selain PGRBS dan PSGBS program terse-
          but diorientasikan kepada upaya peningkatan kualifikasi formal guru (D-

                                         139
   138   139   140   141   142   143   144   145   146   147   148