Page 150 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 150

program D-11  PGSD Guru  Kelas  sebagai  upaya  pemberdayaan tutor dan
            peningkatan  peran TM  sebagai  pemacu  proses  belajar  mandiri.  Kedua,
            pengembangan bahan ujian yang semula hanya dilakukan oleh dosen LPTK
            di  luar  UT  menjadi pengembangan bahan  ujian oleh  staf FKIP-UT dan
            staf LPTK yang  lain di  luar  UT sebagai  upaya  pemberdayaan staf dosen
            UT  atas  dasar  prinsip  interaksi  antara  program  developmenr  dengan
            professional del'elopment.  Keriga,  pengembangan TM  I ,2,3 khusus untuk
            program  PSGBS  dalam  bemuk  TM I  dikembangkan  dan  diperiksa  di
            daerah, TM2 dikembangkan di Pusat tetapi diperik.sa di daerah, dan TM3
            dikembangkan dan diperiksa di  Pusat. TM  I, 2, 3 mempunyai bobot 40%
            dalam penentuan nilai akhir.  Keempat.  pengembangan UKT yang semula
            terdiri dari  dua kelompok soal ujian  (materi dan pembelajaran) menjadi

            hanya satu set soal yang berisi soal ujian materi dan pembelajaran secara
            terpadu  yang  diujikan  dalam  satu  mata  ujian  sebagai  upaya  untuk  me-
            ningkatkan  fungsi  dan  peran  UKT sebagai  ujian  akhir program Sl  yang
            ekuivalen  dengan  ujian  skripsi,  dan  menjarnin  terjadinya efisiensi  ujian
            tanpa  menurunkan  kualitas  ujian.  Kelima,  ujian  PKM  bagi  mahasiswa
            program  D-11  PGSD  dan  D-III  PGSMP  melalui  pendekatan  berlapis-
            berulang  dan  pengendalian  kualitas  PKM  dengan  menggunakan  APKG
            1 dan 2 (Rencana dan  Prose  ) . Selain itu ada juga pendaerahan penilaian
            yang  diserahkan kepada Tutor dengan pemberian rambu-rambu penilaian
            yakni  untuk  mara  kuliah  PKM  semua  program,  Workshop  Matematika
            umuk  D-Ill  PMAT,  Pengembangan  Disain  dan  Alar  Peraga  IPA  untuk
            D-Ill  PIPA, Speaking untuk  D-III  PING, dan  Penelitian Tindakan  Kelas
            untuk S l  PGSM.


            5.  lnovasi dalam  Sistem  Pengelolaan

               Semua program reguler FKIP UT sejak awal  sampai saat ini dikelola

                                           150
   145   146   147   148   149   150   151   152   153   154   155