Page 150 - Pendidikan Terbuka dan Jarak Jauh (Di dedikasikan kepada DR. Setijadi, M.A)
P. 150
program D-11 PGSD Guru Kelas sebagai upaya pemberdayaan tutor dan
peningkatan peran TM sebagai pemacu proses belajar mandiri. Kedua,
pengembangan bahan ujian yang semula hanya dilakukan oleh dosen LPTK
di luar UT menjadi pengembangan bahan ujian oleh staf FKIP-UT dan
staf LPTK yang lain di luar UT sebagai upaya pemberdayaan staf dosen
UT atas dasar prinsip interaksi antara program developmenr dengan
professional del'elopment. Keriga, pengembangan TM I ,2,3 khusus untuk
program PSGBS dalam bemuk TM I dikembangkan dan diperiksa di
daerah, TM2 dikembangkan di Pusat tetapi diperik.sa di daerah, dan TM3
dikembangkan dan diperiksa di Pusat. TM I, 2, 3 mempunyai bobot 40%
dalam penentuan nilai akhir. Keempat. pengembangan UKT yang semula
terdiri dari dua kelompok soal ujian (materi dan pembelajaran) menjadi
hanya satu set soal yang berisi soal ujian materi dan pembelajaran secara
terpadu yang diujikan dalam satu mata ujian sebagai upaya untuk me-
ningkatkan fungsi dan peran UKT sebagai ujian akhir program Sl yang
ekuivalen dengan ujian skripsi, dan menjarnin terjadinya efisiensi ujian
tanpa menurunkan kualitas ujian. Kelima, ujian PKM bagi mahasiswa
program D-11 PGSD dan D-III PGSMP melalui pendekatan berlapis-
berulang dan pengendalian kualitas PKM dengan menggunakan APKG
1 dan 2 (Rencana dan Prose ) . Selain itu ada juga pendaerahan penilaian
yang diserahkan kepada Tutor dengan pemberian rambu-rambu penilaian
yakni untuk mara kuliah PKM semua program, Workshop Matematika
umuk D-Ill PMAT, Pengembangan Disain dan Alar Peraga IPA untuk
D-Ill PIPA, Speaking untuk D-III PING, dan Penelitian Tindakan Kelas
untuk S l PGSM.
5. lnovasi dalam Sistem Pengelolaan
Semua program reguler FKIP UT sejak awal sampai saat ini dikelola
150