Page 462 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 462

Swlwan,  Pembelajaran Elektronik  (A'~Ieaming) d1  SLTA: ....


         D.  Masih Terbatas Pemanfaatan Internet untuk
            Pembelajaran di Sekolah

                Berdasarkan  survai  tersebut  di  atas,  sebagian  sampel
        sekolah  yang  memiliki  lab  komputer  mengemukakan  bahwa  lab
        komputer yang  ada masih terbatas  digunakan  untuk membelajar-
         kan  para  siswa  agar  memiliki  pengetahuan  dasar  mengoperasi-
         kan  komputer  (seperti:  word  processing,  excel,  dll).  Sekalipun
        sekolah  telah  mempunyai  fasihtas  sambungan  Internet,  namun
        penggunaannya masih terbatas,  yaitu  untuk kepentingan  adminis-
        trasi atau kepentingan Kepala Sekolah dan guru. Hanya sebagian
         kecil  sampel  sekolah  yang  telah  memanfaatkan  fasilitas  Internet
         yang  dimiliki  untuk  membantu  siswanya  mengakses  berbagai
         informasi yang  berkaitan dengan materi pelajaran sekolah.  Dalam
         kaitan  ini,  diperlukan  dukungan  kebijakan  dari  para  Kepala
         Sekolah.  Pemanfaatan  Internet  untuk  pembelajaran  tidak  akan
        berjalan/berkembang   baik  apabila   Kepala   Sekolah   tidak
        memberikan  atensi  dan  dukungannya.  Atensi  dan  dukungan
        Kepala  Sekolah  ini  justru  yang  sangat  menentukan  dalam
        penyelenggaraan kegiatan  pembelajaran elektronik (SEAMOLEC,
        2001).
                Tidaklah mengherankan  apabila pemanfaatan fasilitas  lab
        komputer  dan  sambungan  Internet  yang  dimiliki  sekolah  masih
        sangat terbatas  karena tidak ada  atau  rendahnya  dukungan atau
        komitmen  dari  Kepala  Sekolah.  Keadaan  yang  demikian  jelas-
        jelas tidak kondusif atau memberikan peluang  kepada  para siswa
        untuk  memanfaatkan  Internet  secara  optimal  bagi  kepentingan
        pembelajaran.  Kalaupun  ada  sekolah  yang  telah  memberikan
        kesempatan  kepada  siswanya  untuk  memanfaatkan  Internet
        sekolah  bagi  pembelajaran,  jumlahnya  masih  sangat  terbatas.
        Keadaan  yang  demikian  ini  disebabkan  karena  sekolah  hanya
        memiliki satu sambungan telepon,  dan jumlah  sekolah  yang telah




        444
   457   458   459   460   461   462   463   464   465   466   467