Page 462 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 462
Swlwan, Pembelajaran Elektronik (A'~Ieaming) d1 SLTA: ....
D. Masih Terbatas Pemanfaatan Internet untuk
Pembelajaran di Sekolah
Berdasarkan survai tersebut di atas, sebagian sampel
sekolah yang memiliki lab komputer mengemukakan bahwa lab
komputer yang ada masih terbatas digunakan untuk membelajar-
kan para siswa agar memiliki pengetahuan dasar mengoperasi-
kan komputer (seperti: word processing, excel, dll). Sekalipun
sekolah telah mempunyai fasihtas sambungan Internet, namun
penggunaannya masih terbatas, yaitu untuk kepentingan adminis-
trasi atau kepentingan Kepala Sekolah dan guru. Hanya sebagian
kecil sampel sekolah yang telah memanfaatkan fasilitas Internet
yang dimiliki untuk membantu siswanya mengakses berbagai
informasi yang berkaitan dengan materi pelajaran sekolah. Dalam
kaitan ini, diperlukan dukungan kebijakan dari para Kepala
Sekolah. Pemanfaatan Internet untuk pembelajaran tidak akan
berjalan/berkembang baik apabila Kepala Sekolah tidak
memberikan atensi dan dukungannya. Atensi dan dukungan
Kepala Sekolah ini justru yang sangat menentukan dalam
penyelenggaraan kegiatan pembelajaran elektronik (SEAMOLEC,
2001).
Tidaklah mengherankan apabila pemanfaatan fasilitas lab
komputer dan sambungan Internet yang dimiliki sekolah masih
sangat terbatas karena tidak ada atau rendahnya dukungan atau
komitmen dari Kepala Sekolah. Keadaan yang demikian jelas-
jelas tidak kondusif atau memberikan peluang kepada para siswa
untuk memanfaatkan Internet secara optimal bagi kepentingan
pembelajaran. Kalaupun ada sekolah yang telah memberikan
kesempatan kepada siswanya untuk memanfaatkan Internet
sekolah bagi pembelajaran, jumlahnya masih sangat terbatas.
Keadaan yang demikian ini disebabkan karena sekolah hanya
memiliki satu sambungan telepon, dan jumlah sekolah yang telah
444