Page 460 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 460
Sialwa11, Pl.'lnbelaJIIIWI Ekktrouik (E-leanung) di SLTA: . ...
menengah telah terhubungkan dengan Internet. (sumber dari
Internet tanggal 8 Maret 2002: Panel on educational technology).
Dikemukakan juga bahwa rasio 4 sampai 5 siswa per
komputer merupakan rasio atau tingkat yang memadai untuk
penggunaan komputer secara efektif di sekolah. (sumber: Internet
tanggal 8 Maret 2002: NCES 1999-017) Bagaimana dengan
keadaan kita di Indonesia? Sekalipun masih sangat jauh
ketinggalan, kita harus terus berbuat dan berbuat sehingga
semakin mempersempit kesenjangan yang ada. Beberapa hasil
karya di bidang internisasi ini mulai dapat kita lihat hasilnya,
sebagaimana yang telah diperlihatkan oleh berbagai institusi atau
asosiasi, seperti Universitas Terbuka (UT) (http://www.ut.ac.id),
SEAMOLEC (http./lwww.seamolec.or.id), sekolah2000.com (http:-
l!www.sekolah2000.or.id), dan supersiswa.com.
Dalam rangka menjajagi sejauh mana kesiapan SL T A
memanfaatkan Internet untuk pembelajaran, Pusat Pendidikan
Terbuka/Jarak Jauh Asia Tenggara (SEAMOLEC) sebagai salah
satu lembaga di lingkungan Organisasi Menteri-menteri Pendidik-
an se-Asia Tenggara (SEAMED) telah melaksanakan survai
penjajagan ke berbagai SMU/SMK di lingkungan Jabotabek
(SEAMOLEC, 2001 ). Survai ·ini antara lain mengungkapkan
bahwa:
1. jumlah SMK dan SMU yang memiliki lab komputer meningkat
jumlahnya dari tahun ke tahun,
2. sebagian dari sekolah yang memiliki lab komputer telah
dilengkapi pula dengan sambungan Internet (Internet
connectivity),
3. belum semua sekolah yang memiliki lab komputer dan
sambungan Internet telah melengkapi dirinya dengan fasilitas
Local Area Network (LAN),
4. sekolah-sekolah yang memiliki lab komputer dan sambungan
Internet menyambut antusias apabila ada institusi yang
442