Page 455 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 455
Cakmwala Pendidikan 2
A. Sekolah, Komputer, dan Internet
Upaya untuk memajukan pendidikan tidak hanya menjadi
kepedulian (concern) pihak pemerintah saja tetapi juga lembaga-
lembaga kemasyarakatan dan pendidikan non pemerintah. Peme-
rintah· secara reguler dan berkelanjutan melakukan berbagai
program, yang antara lain berupa penyempurnaan kurikulum,
peningkatan kualitas bahan-bahan belajar, pendidikan dan
pelatihan untuk peningkatan kualitas guru dan kepala sekolah
(jangka panjang dan pendek), dan pengadaan fasilitas/peralatan
pembelajaran (misalnya: lab bahasa, lab IPA, lab komputer,
peralatan audiovisual).
Lembaga-lembaga pendidikan swasta atau yayasan
pengelola pendidikan swasta juga melakukan kegiatan-kegiatan
untuk memajukan pendidikan yang dikelolanya. Sebagai contoh,
misalnya Muhammadiyah dan BPK Penabur. Berbagai upaya
untuk memajukan pendidikan yang dilakukan oleh Muham-
madiyah adalah peningkatan kualitas tenaga pengajar, peningkat-
an sarana pendidikan yang berupa perpustakaan, laboratorium
bahasa dan komputer di tiap SO, dan berbagai penyediaan
fasilitas penting lainnya (Kompas, 2002). Sedangkan Yayasan
BPK Penabur melakukan berbagai program untuk memajukan
pendidikan yang dikelolanya antara lain melalui pengikutsertaan
tenaga kependidikannya untuk mengikuti pendidikan dan
pelatihan lanjutan (jangka panjang dan pendek), pengembang-
an bahan-bahan belajar yang variatif dan berkualitas, peningkatan
berbagai fasilitas penunjang, seperti perpustakaan, laboratorium,
dan pemantaatan kemajuan teknologi. Pemanfaatan teknologi ini
dapat dilihat pada sekolah-sekolah di lingkungan BPK Penabur,
mulai dari TK, SO. sampai dengan SMU dan SMK yang telah
dilengkapi dengan lab komputer (Website BPK Penabur).
437