Page 454 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 454
Sialman, Pem/Jef(/jiitml Elehtronik (tAearmng) di SUA: . ...
2. Kemampuan penguasaan bahasa lnggris siswa SL T A "relatif
lebih memadai" untuk menunjang akses ke Internet diban-
dingkan dengan siswa pada jenjang sebelumnya,
3. Posisi siswa SL T A yang strategis, yaitu sebagai masa
persiapan untuk melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi
atau memasukt dunia kerja,
4. Tingkat kesiapan a tau mobilitas siswa SL T A yang relatif lebih
tinggi untuk menggali berbagai sumber belajar.
Di samping keempat faktor tersebut, kesiapan siswa
SL T A dinilai relatif lebih besar untuk dapat mengembang-kan
kerjasama dengan kelompok ternan sebaya (peer group),
khususnya dalam mengakses berbagai sumber belajar melalui
Internet. Kesiapan ini juga dimungkinkan karena kesediaan atau
tingkat kesadaran siswa SL T A lebih besar untuk menyisihkan
sebagian 'uang jajan' mereka guna mengakses Internet sebagai
upaya menggali berbagai informasi pengetahuan (knowledge
information). Keberhasilan mengakses lnformasi ini akan turut
membantu mereka meningkatkan kualitas penguasaan mereka
terhadap materi pelajaran.
Artikel ini merupakan suatu pemikiran awal tentang
kemungkinan penyelenggaraan e-fearning (pembelajaran elek-
tronik) di SL T A dengan memperhatikan potensi a tau aset yang
telah dimiliki, perkembangan kondisi pembelajaran di SL T A yang
ada, hambatan dan tantangan, serta tahapan kegiatan berikutnya
yang perlu dilakukan. Yang dimaksudkan dengan e-learning
(pembelajaran elektronik) dalam uraian ini adalah kegiatan
pembelajaran yang diselenggarakan melalui pemanfaatan fasilitas
komputer dan Internet.
436