Page 459 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 459
Cakrawala l'endidikan 2
memeriksa informasi dan menemukan serta memperbaiki
kesalahan yang ada. Dapat saja terjadi bahwa sumber-
sumber yang dapat diakses melalui Internet itu ada mirip,
bertentangan, atau bahkan kadaluarsa, dan mungkin juga
kurang akurat. Dalam kaitan ini, pengguna Internet sendiri
yang harus menilai informasi yang tersedia yang akan
diakses.
4. Memungkinkan penggunaan yang meluas
Semua sumber yang tersedia yang· dapat diakses melalui
Internet adalah tersebar dan meluas di seluruh dunia.
Penggunaan Internet dapat dilakukan oleh siapa saja yang
membutuhkan termasuk para siswa dan guru.
5. Memungkinkan akses yang sangat cepat
Setiap orang dapat mengakses sumber yang sama yang
tersedia melalui Internet hanya dalam hitungan detik dari
manapun tempatnya. Tidak terlalu banyak pengaruh perbeda-
an waktu dalam mengakses berbagai informasi yang tersedia
melalui Internet.
Karakteristik-karakteristik Internet tersebut tentunya
masih dapat ditambah lagi dengan yang lainnya. Namun setidak-
tidaknya sudah memadai sebagai dasar pertimbangan untuk
pemanfaatannya bagi kepentingan kegiatan pembelajaran.
C. Pemanfaatan Internet untuk Pembelajaran
Tentu tidak ada jeleknya untuk melihat perkembangan
yang terjadi di negara lain tentang pemanfaatan Internet untuk
pembelajaran. Di Amerika Serikat, sejak tahun 1994, pemerintah
federalnya membuat kebijakan untuk membantu setiap sekolah
dan bahkan ruang kelas yang ada agar dapat menikmati fasilitas
Internet pada tahun 2000. Perkembangan selanjutnya yaitu pada
tahun 1998, sekitar 89% sekolah dasar sampai sekolah
441