Page 464 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 464
Sialwan. Pembelajarau Ekktronik (t'-/eaming) di S'LTA: . ...
agar sekolah tidak lagi memberikan beban-beban finansial
tambahan lainnya. Kalau untuk mengikuti kursus bahasa lnggris
mungkin sebagian para orangtua yang berpenghasilan "pas-
pasan" ini akan berusaha memenuhinya. Respon orangtua akan
berbeda apabila mereka diminta untuk mengeluarkan biaya bagi
anak-anaknya guna mengakses Internet sekalipun itu misalnya
untuk kepentingan pelajaran sekolah anak-anaknya.
Menghadapi kondisi finansial orangtua yang pas-pasan,
anak sendirilah yang seyogianya berupaya untuk dapat melaku-
kan penyisihan 'uang jajan' atau pengeluaran sehari-harinya.
lnisiatif seorang siswa SL T A dalam kelompok teman sebaya ikut
juga menentukan apakah mereka secara bersama-sama (patung-
an} mampu mengakses Internet untuk kepentingan pembelajaran
mereka.
Respon akan berbeda apabila kemampuan finansial
orangtua memang "relatif lebih baik". Berbagai aktivitas anak yang
membutuhkan dana, sejauh aktivitas tersebut masih berkaitan
dengan pendidikannya, termasuk pemanfaatan Internet untuk
pembelajaran, tentu akan senantiasa didukung. Bahkan lebih dari
itu, fasilitas yang dibutuhkan untuk melakukan akses terhadap
Internet misalnya akan disediakan orangtua di rumah. Satu hal
yang perlu dilakukan siswa adalah meningkatkan disiplin dan
komitmennya untuk memanfaatkan Internet sebagaimana mesti-
nya, yaitu untuk hal-hal yang bersifat positif. Pengawasan para
orangtua tentu sangat diperlukan sehingga anak semakin terarah
dalam memanfaatkan fasilitas yang dimiliki.
lnstitusillembaga yang bergerak di bidang pengembangan
bahan-bahan pembelajaran elektronik, khususnya yang berkaitan
dengan pelajaran sekolah masih sangat jarang/terbatas. lnformasi
tentang keberadaan dan potensi lembaga yang memiliki expertise
di bidang ini juga belum banyak diketahui publik atau dipubli-
kasikan melalui media massa. Keadaan yang demikian ini dapat
446