Page 469 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 469
Cakrall'ala Pendidtkan 2
mengembangkan prototipe bahan-bahan belajar elektronik yang
ditujukan kepada siswanya. Sebagian siswa di kota-kota besar
Ielah mulai memanfaatkan Internet untuk berbagai kebutuhan
mereka. Hal ini dimungkinkan karena semakin banyaknya
tersedia Warung Internet (Warnet) di tengah-tengah masyarakat.
Faktor pengaruh teman sebaya cukup berperan dalam menso-
sialisasikan kegiatan pembelajaran elektronik. Ada beberapa
Internet Service Providers yang memberikan langganan gratis
turut menunjang penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
elektronik.
Ada beberapa hambatan dalam penyelenggaraan
kegiatan pembelajaran elektronik, yaitu antara lain:
1. dari dalam diri siswa itu sendiri, misalnya yang berupa
kemampuan mereka berbahasa lnggris dan kemampuan
finansial orangtua siswa untuk membiayai kegiatan meng-
akses Internet secara teratur,
2. dari pimpinan sekolah atau pengelola yayasan pendidikan
seko/ah, yaitu mengenai ada tidaknya dukungan dan komit-
men terhadap penyelenggaraan kegiatan pembelajaran
melalui Internet bagi peningkatan kualitas pembelajaran
mereka,
3. dari lembaga pengembang bahan be/ajar online dan penyedia
jasa di bidang Internet dan telekomunikasi, yang berupa
komitmen untuk memfasilitasi pengembangan bahan-bahan
belajar elektronik dan penyelenggaraan kegiatan pembelajar-
an elektronik di SL T A.
Hambatan yang telah dikemukakan di atas adalah juga
sekaligus sebagai tantangan. Karena itu, dukungan kebijakan dari
Depdiknas dan kerjasama dengan berbagai instansi akan
memungkinkan teratasinya hambatan yang ada. Kerjasama antar
instansi akan dapat mengembangkan iklim yang kondusif bagi
451