Page 467 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 467

Cakrmva/a Pendidikan 2



         1 .  perlu dilakukan perintisan dalam  skala kecil.  Dalam  perintisan
             ini,  SL T A yang  diprioritaskan  untuk  diikutsertakan hendaknya
             SL TA yang telah memiliki lab komputer, LAN, dan sambungan
             Internet.  Perintisan  ini  akan  merupakan  langkah  awal  untuk
             meyakinkan  para  pengambil  keputusan,  Kepala  Sekolah,
             guru,  dan  masyarakat  mengenai  kemanfaatan  atau  nilai
             tambah  yang  diperoleh  siswa  sebagai  hasil  dari  aktivitasnya
             mengikuti kegiatan pembelajaran elektronik.
         2.  pengembangan  bahan-bahan  pembelajaran  elektronik.  lnsti-
             tusi  yang  memiliki  expertise  untuk  pengembangan  bahan
             belajar  elektronik  perlu  diberi  tanggung  jawab  yang  sesuai.
             Untuk pengembangan  bahan  belajar elektronik ini,  kerjasama
             antara  lembaga  yang  memiliki  expertise  di  bidang  pembe-
             lajaran elektronik dengan ahli materi dari perguruan tinggi dan
             dari  lapangan  (guru  SL T A  yang  memang  mengetahui  dan
             menguasai   materi   pembelajaran)   sangat   diperlukan.
             Pengembangan  materi  pembelajaran  elektronik  akan  melalui
             beberapa  tahapan,  mulai  dari  identifikasi  topik  atau  materi
             sampai  dengan  pengemasannya  dan  dilanjutkan  dengan
             reviu,  finalisasi,  ujicoba, dan installment.
         3.  sosialisasi  rencana  penyelenggaraan  kegiatan  pembelajaran
             elektronik  di  lingkungan  sekolah,  mulai  dari  kepala  sekolah,
             guru  dan  para  siswa  penting  dilakukan.  Di  samping  itu,
            sosialisasi  kegiatan  pembelajaran  elektronik  di  kalangan
             pengelola  pendidikan,  seperti  aparat  dinas  pendidikan,
            pengelola yayasan pendidikan swasta, dan masyarakat dalam
            arti  para  orangtua  siswa  juga  perlu  dilakukan.  Melalui
            sosialisasi  yang  demikian  ini  diharapkan  penyelenggaraan
            kegiatan  pembelajaran  elektronik  akan  dapat  menunjang
            peningkatan kualitas pembelajaran di SL TA.






                                                                 449
   462   463   464   465   466   467   468   469   470   471   472