Page 466 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 466

Siahaan,  Pembelajamn  Elek1ronik  (E-Ieaming)  di  SLTA: ....


         kerjasama  berbagai  lembaga  tentunya  hambatan-hambatan
         dalam  penyelenggaraan  pem~elajaran elektronik  di  SL T A  akan
         dapat teratasi.
                Sebagaimana  pengalaman  di  berbagai  negara  lainnya,
         lembaga/institusi  yang  bergerak  di  bidang  pengembangan  bahan
         belajar elektronik tentunya dapat merancang penggunaan bahasa
         Indonesia  atau  setidak-tidaknya  sebagian  besar  menggunakan
         bahasa  Indonesia  sebagai  bahasa  pengantar.  Dengan  demikian,
         hambatan  yang  menyangkut  penguasaan  bahasa  lnggris  siswa
         SL T A  sudah  dapat  dieliminasi.  Kondisi  yang  demikian  ini
         diharapkan  akan  dapat  memacu  para  siswa  untuk  lebih  aktif
         memanfaatkan Internet untuk pembelajaran, baik itu di sekolah, di
         rumah maupun di berbagai warnet.
                Sumber  Daya  Manusia  (SDM)  yang  ada  di  berbagai
         lembaga  sangatlah  strategis  dan  potensial  sebagai  modal  dasar
         untuk  menunjang  peningkatan  mutu  pendidikan  SL TA  melalui
         pengembangan  dan  pemanfaatan  bahan-bahan  belajar  on  line.
         Dalam  hal  ini,  peranan  Departemen  Pendidikan  Nasional
         (Depdiknas)  dan  melalui  kerjasama  dengan  berbagai  institusi
         yang terkait akan sangat menentukan cepat lambatnya para siswa
         SL T A dapat meningkatkan  kualitas  pembelajaran  mereka melalui
         pemanfaatan Internet.

         G.  Perintisan Pembelajaran Elektronik di SLTA

                Dengan  adanya  kerjasama  beberapa  institusi  yang
        mempunyai tugas  dan  fungsi  yang  berkaitan  dengan  pembelajar-
        an  elektronik  dan  dukungan  Depdiknas  serta  kesiapan  sekolah
        untuk  berperanserta,  maka  diharapkan  akan  terjadi  percepatan
        perluasan  akses  pembelajaran.  Beberapa  kegiatan  berikut  ini
        perlu  mendapat perhatian  apabila kegiatan  pembelajaran  elektro-
        nik akan diselenggarakan, yaitu:




        448
   461   462   463   464   465   466   467   468   469   470   471