Page 463 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 463
Cakrall'ala Pendid1kan 2
melengkapi dirinya dengan Local Area Network (LAN) masih
sedikit.
E. Hambatan dan Tantangan Mengakses Internet
Dalam hal mengakses Internet, salah satu faktor
pendukung adalah kemampuan berbahasa lnggris para siswa
SL T A kita. Sejauh manakah rata-rata kemampuan berbahasa
lnggris para siswa SL T A dewasa ini? Ban yak keluhan tentang
kemampuan berbahasa lnggris ini. Jangankan siswa SL T A,
kemampuan rata-rata berbahasa lnggris lulusan perguruan tinggi
saja masih juga banyak dikeluhkan.
Penguasaan bahasa lnggris dapat dianggap sebagai
hambatan di satu sisi dan sekaligus juga di sisi lain menjadi
tantangan. Mengapa? Kemampuan berbahasa itu (termasuk
bahasa lnggris) akan semakin meningkat apabila semakin tinggi
frekuensi penggunaannya. lnilah tantangan bagi para siswa SL T A
dan bukan justru disikapi sebaliknya. Hendaknya motivasi atau
semangat para siswa SLTA untuk memanfaatkan Internet bagi
peningkatan kualitas pembelajaran mereka tidak menjadi surut
hanya semata-mata karena belum atau kurang menguasai
bahasa lnggris secara baik. Seharusnya penguasaan bahasa
lnggris yang masih belum baik ini justru semakin mendorong
mereka lebih bersemangat memanfaatkan Internet untuk kegiatan
pembelajaran. Karena apa? Melalui pemanfaatan Internet secara
teratur untuk pembelajaran berarti secara tidak langsung pula
mereka telah mempertinggi frekuensi penggunaan bahasa
lnggris.
Kebanyakan para orangtua siswa SL T A yang berpeng-
hasilan pas-pasan sudah merasa berat untuk membiayai
pendidikan anak-anaknya di SL T A. Kemampuan finansial para
orangtua yang relatif sudah terbatas ini tentunya menghendaki
445