Page 458 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 458
Sialwan, PemtJI~lajaran Elektromk (E-/eaming) d1 SL1it: ....
B. Karakteristik Internet
Untuk dapat secara optimal memanfaatkan Internet untuk
pembelajaran, para guru perlu mengetahui apa yang menjadi
karakteristik Internet. Sebagai metoda/sarana komunikasi, Kitao
dan Kitao (Kitao & Kitao, 2000) mengemukakan bahwa "Internet is
more powerful than a telephone. It is a/so more useful for
researchers, teachers, and students". Lebih lanjut, Kitao dan Kitao
mengemukakan bahwa ada 5 karakteristik Internet, yaitu:
1. Memiliki sumber yang sangat banyak
Internet bagaikan sebuah perpustakaan yang sangat besar
dan dapat dikatakan juga sebagai perpustakaan yang
terbesar dari perpustakaan yang ada di dunia. Saking
besarnya, sangat sulit untuk mengetahui atau menghitung
berapa banyak jumlah sumber informasi yang tersedia yang
dapat diakses melalui Internet. Setiap hari, semakin banyak
jumlah informasi yang ditambahkan yang dapat diakses
melalui Internet. Sebagian besar informasi yang tersedia
dapat diakses melalui Internet secara gratis sehingga faktor
ini turut mendukung penyelenggaraan kegiatan e-leaming.
2. Menyediakan berbagai jenis media
Pengguna Internet dapat mengakses informasi yang dikemas
dalam berbagai jenis media, mulai dari yang berupa teks, foto,
suara, sampai dengan yang berupa video. Dari waktu ke
waktu, teknologi yang lebih maju terus digunakan untuk
mengembangkan berbagai sumber informasi secara lebih
baik pula.
3. Menitikberatkan pada independensi
Sumber-sumber yang dapat diakses melalui Internet dikem-
bangkan dan dipelihara oleh para individu atau sekelompok
individu yang bekerja secara independen. Artinya, hanya
individu atau kelompok individu inilah yang senantiasa
440