Page 458 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 458

Sialwan,  PemtJI~lajaran Elektromk  (E-/eaming) d1  SL1it: ....



        B.  Karakteristik Internet

               Untuk dapat secara optimal memanfaatkan  Internet untuk
        pembelajaran,  para  guru  perlu  mengetahui  apa  yang  menjadi
        karakteristik  Internet.  Sebagai  metoda/sarana  komunikasi,  Kitao
        dan Kitao (Kitao & Kitao, 2000) mengemukakan bahwa "Internet is
        more  powerful  than  a  telephone.  It  is  a/so  more  useful  for
        researchers,  teachers, and students". Lebih lanjut,  Kitao dan Kitao
        mengemukakan bahwa ada 5 karakteristik Internet, yaitu:
        1.  Memiliki sumber yang sangat banyak
            Internet  bagaikan  sebuah  perpustakaan  yang  sangat  besar
            dan  dapat  dikatakan  juga  sebagai  perpustakaan  yang
            terbesar  dari  perpustakaan  yang  ada  di  dunia.  Saking
            besarnya,  sangat  sulit  untuk  mengetahui  atau  menghitung
            berapa  banyak  jumlah  sumber  informasi  yang  tersedia  yang
            dapat  diakses  melalui  Internet.  Setiap  hari,  semakin  banyak
            jumlah  informasi  yang  ditambahkan  yang  dapat  diakses
            melalui  Internet.  Sebagian  besar  informasi  yang  tersedia
            dapat  diakses  melalui  Internet  secara  gratis  sehingga  faktor
            ini turut mendukung penyelenggaraan kegiatan e-leaming.
        2.  Menyediakan berbagai jenis media
            Pengguna  Internet dapat mengakses informasi yang  dikemas
            dalam berbagai jenis media, mulai dari yang berupa teks, foto,
            suara,  sampai  dengan  yang  berupa  video.  Dari  waktu  ke
            waktu,  teknologi  yang  lebih  maju  terus  digunakan  untuk
            mengembangkan  berbagai  sumber  informasi  secara  lebih
            baik pula.
        3.  Menitikberatkan pada independensi
            Sumber-sumber  yang  dapat  diakses  melalui  Internet  dikem-
            bangkan  dan  dipelihara  oleh  para  individu  atau  sekelompok
            individu  yang  bekerja  secara  independen.  Artinya,  hanya
            individu  atau  kelompok  individu  inilah  yang  senantiasa




        440
   453   454   455   456   457   458   459   460   461   462   463