Page 351 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 351

l'111hn.  r:- ll'onting dan  l'ent!idrArm



                Peletakan  stake holder langsung pada masyarakat global
        justru ternyata berdampak sangat besar bagi kelompok-kelompok
        ynng  fluid.  Sebagai  contoh  di  ITB  ada  kelompok  Computer
        Network  Research  Group  (CNRG)  dan  Knowledge  Management
        Research Group (KMRG) sehingga pengakuan/acknowledgement
        justru  dari  khalayak  ramai  di  luar  ITB  baik  nasional  maupun
        internasionaL
                Konsep  yang  sama akan terjadi juga jika kita tarik konsep
        ini  ke  Lembaga  dewa  yang  dibentuk  oleh  Diknas  seperti  Badan
        Akreditasi  Nasional  (BAN).  Benarkah  ada  orang/lembaga  yang
        cukup sakti di  negara ini  yang  dapat menentukan  secara adil  dan
        ba1k  tentang  kualitas  sebuah  program/institusi  seperti  yang
        tercantum  dalam  hukum  tertulis  di  dunia  pendidikan  Indonesia.
        Apakah  umat  di  Indonesia  tidak  pandai  sehingga  tidak  bisa
        menilai  kualitas  sebuah  lembaga/program  jika  transparansi
        informas1 dilakukan dengan baik di platform informasi yang cepat?


        C.  Kurikulum versus "Nyantri"
               Mari  kita  lanjutkan  diskusi siklus  pengetahuan  ini  dengan
        proses  belajar mengajar.  Terus  terang,  saya melihat sistem  yang
        dianut  oleh  sistem  pendidikan  di  Indonesia  sangat  baik  untuk
        membentuk  manusia  yang  menurut  pada  gurunya  pandai
        menghafal,  pandai  menyelesaikan  soal,  pandai  pada  bidangnya,
        dan mereka adalah pekerja yang baik.
               Sebaga1  seorang profesional, sistem  pendidikan  formal  di
        lndones1a  tampaknya  berhasil  baik  untuk  menghasilkan  seorang
        sk1/led  workers,  ahli  analisis,  dan  pekerja  yang  bertumpu  pada
        sebuah  standar  prosedur  baku.  Coba  membebani  lulusan  ini
        untuk melakukan hal yang di  luar jalur, melakukan desain rancang
        bangun  yang  baru,  berpikir  alternatif,  dan  kejelian  melihat  celah.
        Sangat  sukar  mengharapkan  seorang  profesional  hasil  didikan




        334
   346   347   348   349   350   351   352   353   354   355   356