Page 347 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 347
l'lll'hn. F /enmi11g da11 l'enduflknn
kekayaan dan kekuasaan bagi sekelompok eli! yang sepertinya
memperoleh legitimasi untuk melakukan apa saja mengatas-
namakan rakyat.
Secara perlahan, dengan semakin tersebarnya informasi
dan terjadinya peningkatan kepandaian umat, mekanisme dan
proses penclidikan menJadi kunci utama dalam proses penyebar-
an dan pemandaian umat. Umat akan berpikir, akan mengguna-
kan otaknya dan umat tidak akan begitu saja mengikuti perintah
dan tatanan birokrasi yang dibentuk. Kreatifitas, kebebasan
lJerfik1r. dan kritik menjadi lebih terbuka terhadap sistem yang ada
untuk kepentingan umat. Tekanan untuk perbaikan sistem
menjadi nyata dipicu dengan semakin transparannya sistem
kepada umat. Secara alamiah dan perlahan terjadi proses
pengik1san terhadap nuansa kekuasaan dan power yang
cildominasi oleh sekelompok kecil eli!.
Pergerakan ini pada akhirnya akan menimbulkan banyak
pertentangan filosofis yang sangat nyata dalam dunia pendidikan.
Beberapa pertentangan tersebut adalah sebagai berikut.
1. Apakah kita menganut pola pengajaran teaching based yang
berpusat pada guru? A tau learning based dim ana guru hanya
berfungsi sebagai fasilitator?
2. Apakah kita akan membentuk siswa/mahasiswa sebagai
konsumen informasi dan pengetahuan? Atau aktif sebagai
produsen pengetahuan?
3. Apakah kita akan menjaga pengetahuan yang kita miliki
menggunakan copyright, HAKI dan hak paten? Atau
menggunakan konsensus masyarakat berbasis copy/eft,
copywrong dan public domain?
4. Apakah kita percayakan penilaian institusi pendidikan kepada
Badan Akreditasi Nasional (BAN}? Atau langsung kepada
pengakuan dari masyarakat?
330