Page 347 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 347

l'lll'hn.  F  /enmi11g  da11  l'enduflknn



        kekayaan  dan  kekuasaan  bagi  sekelompok  eli!  yang  sepertinya
        memperoleh  legitimasi  untuk  melakukan  apa  saja  mengatas-
        namakan rakyat.
               Secara  perlahan,  dengan  semakin  tersebarnya  informasi
        dan  terjadinya  peningkatan  kepandaian  umat,  mekanisme  dan
        proses  penclidikan  menJadi  kunci  utama  dalam  proses  penyebar-
        an  dan  pemandaian  umat.  Umat  akan  berpikir,  akan  mengguna-
        kan  otaknya  dan  umat  tidak  akan  begitu  saja  mengikuti  perintah
        dan  tatanan  birokrasi  yang  dibentuk.  Kreatifitas,  kebebasan
        lJerfik1r.  dan  kritik menjadi lebih terbuka terhadap sistem yang  ada
        untuk  kepentingan  umat.  Tekanan  untuk  perbaikan  sistem
        menjadi  nyata  dipicu  dengan  semakin  transparannya  sistem
        kepada  umat.  Secara  alamiah  dan  perlahan  terjadi  proses
        pengik1san  terhadap  nuansa  kekuasaan  dan  power  yang
        cildominasi oleh sekelompok kecil eli!.
               Pergerakan  ini  pada  akhirnya  akan  menimbulkan  banyak
        pertentangan  filosofis yang  sangat nyata dalam dunia pendidikan.
        Beberapa pertentangan tersebut adalah sebagai berikut.
        1.  Apakah  kita  menganut  pola  pengajaran  teaching  based yang
            berpusat pada guru?  A tau  learning based dim ana guru  hanya
           berfungsi sebagai fasilitator?
        2.  Apakah  kita  akan  membentuk  siswa/mahasiswa  sebagai
            konsumen  informasi  dan  pengetahuan?  Atau  aktif  sebagai
            produsen pengetahuan?
        3.  Apakah  kita  akan  menjaga  pengetahuan  yang  kita  miliki
            menggunakan  copyright,  HAKI  dan  hak  paten?  Atau
            menggunakan  konsensus  masyarakat  berbasis  copy/eft,
            copywrong dan public domain?
        4.  Apakah  kita  percayakan  penilaian  institusi  pendidikan  kepada
            Badan  Akreditasi  Nasional  (BAN}?  Atau  langsung  kepada
            pengakuan dari masyarakat?





        330
   342   343   344   345   346   347   348   349   350   351   352