Page 343 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 343
l'ur!JO, E-ll'nming dnn Pendidtknn
'' Bcrusaha mcnjadi produsen pengewlman"
"Knowledge is power. share it and it will multiplv"
Sistem pendidikan di Indonesia saat ini belum mengarah-
kan peserta didik maupun guru/dosennya untuk menjadi produsen
pengetahuan dan membagi pengetahuan kepada sesama,
bahkan sebagian ditutupi oleh HAKI. Sistem pendidikan di
Indonesia baru sesuai untuk membentuk konsumen informasi dan
pekerja yang baik tapi bukan produsen pengetahuan.
Saya yakin pendapat saya di alas akan banyak
menimbulkan perdebatan yang mendasar dan sangat filosofis.
Untuk itu dalam artikel ini saya kemukakan filosofi dan dasar yang
dapat dijadikan basis pendapat saya, yang untuk sebagian orang
seperti sudah saya nyatakan sebelumnya dapat dianggap tidak
sejalan dengan sistem pendidikan di Indonesia. Semua filosofi
dan dasar-dasar yang saya tuangkan bertumpu pada tiga nilai
filosofis yang telah saya kemukakan.
A. Mempertanyakan Dasar Paradigma Pendidikan
Sebelum kita mulai membahas berbagai hal tentang e-
learning dan pendidikan, ada baiknya kita bertanya pada diri kita
masing-masing. Apakah objektif pendidikan yang kita harapkan?
Apakah kita menginginkan siswa/mahasiswa yang pandai
menghafal? Yang menguasai materi? Menurut pada guru? Tidak
tawuran? Pertanyaan mendasarnya menjadi: Apakah definisi
pandai?
Atau kita menginginkan siswa yang kreatif? Siswa yang
inovatif? Siswa yang bertanggung jawab? Pemimpin? Leader?
Dan siswa ljang tahu apa yang dia suka, dan dia suka apa yang
dia suka?
326