Page 343 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 343

l'ur!JO,  E-ll'nming dnn  Pendidtknn



                '' Bcrusaha mcnjadi produsen pengewlman"
                "Knowledge is power.  share it and it  will multiplv"

                Sistem  pendidikan  di  Indonesia saat ini  belum  mengarah-
         kan peserta didik maupun guru/dosennya untuk menjadi produsen
         pengetahuan  dan  membagi  pengetahuan  kepada  sesama,
         bahkan  sebagian  ditutupi  oleh  HAKI.  Sistem  pendidikan  di
         Indonesia baru sesuai untuk membentuk konsumen informasi dan
         pekerja yang baik  tapi bukan produsen pengetahuan.
                Saya  yakin  pendapat  saya  di  alas  akan  banyak
         menimbulkan  perdebatan  yang  mendasar  dan  sangat  filosofis.
         Untuk itu dalam artikel ini saya kemukakan filosofi dan dasar yang
         dapat dijadikan  basis  pendapat saya,  yang  untuk  sebagian orang
         seperti  sudah  saya  nyatakan  sebelumnya  dapat  dianggap  tidak
         sejalan  dengan  sistem  pendidikan  di  Indonesia.  Semua  filosofi
         dan  dasar-dasar  yang  saya  tuangkan  bertumpu  pada  tiga  nilai
         filosofis yang telah saya kemukakan.

         A.  Mempertanyakan Dasar Paradigma Pendidikan

                Sebelum  kita  mulai  membahas  berbagai  hal  tentang  e-
         learning dan  pendidikan,  ada  baiknya kita  bertanya pada  diri  kita
         masing-masing.  Apakah  objektif  pendidikan  yang  kita  harapkan?
         Apakah  kita  menginginkan  siswa/mahasiswa  yang  pandai
         menghafal?  Yang  menguasai  materi?  Menurut  pada  guru? Tidak
         tawuran?  Pertanyaan  mendasarnya  menjadi:  Apakah  definisi
         pandai?
                Atau  kita  menginginkan  siswa  yang  kreatif?  Siswa  yang
         inovatif?  Siswa  yang  bertanggung  jawab?  Pemimpin?  Leader?
         Dan  siswa  ljang  tahu  apa yang  dia suka,  dan  dia  suka apa yang
         dia suka?






         326
   338   339   340   341   342   343   344   345   346   347   348