Page 338 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 338

Cakrawala  Pendidikan  2


          tenaga  otot  manusia  digantikan  oleh  mesin  yang  lebih  'kuat'  dan
          lebih  'tahan  lama  bekerja'  (energinya  bisa  diisi  ulang).  Lalu
          seniman  pelukis  pemandangan,  disaingi  oleh  teknologi  potret
          berwarna.  Nah,  sekarang  ada  Computer  Aided  Design,  ada
          Computer  Aided  Manufacturing,  ada  juga  Computer  Aided
          Learning, dan masih banyak lagi  yang akan muncul.
                 Nampaknya sebagai warga masyarakat yang hidup dalam
          jaman  ini  kita  perlu  memiliki  sikap  dan  kemampuan  untuk
         beradaptasi  dengan  tuntutan  kemahiran  yang  berubah  dengan
          cepat, sebagai realita kehidupan yang  nyata.


          C.  Pembelajaran
                 Ada  rumusan  yang  diungkapkan  di  Unesco  sebagai
          semacam  kesepakatan  global  beberapa  tahun  yang  lalu,  bahwa
          proses  pembelajaran  sebaiknya  mencakup  empat  komponen:
          'learning  to  know',  'learning  to  do',  'learning  to  live  together' dan
          'learning to be'.  Rumusan itu dapat dipakai sebagai pedoman atau
          acuan dalam pembahasan berikut.
                 'Learning  to  know'  adalah  kemampuan  untuk  mencari
          informasi,  serta  memahaminya  dengan  baik  dan  benar.  Saat  ini
          informasi itu  tersedia dalam jumlah  yang berlimpah pada jaringan
          Internet,  termasuk  informasi  yang  aktual  sebab  tak  ada  lagi
          kendala  waktu.  Sudah  jelas  kita  tidak  lagi  ingin  mengetahui
          semuanya,  sebab  memori pada otak kita  tidak akan  sanggup lagi
          untuk  menampungnya.  Situasi  itu  akan  mengubah  sikap  sese-
          orang,  bukan lagi sebagai orang yang  'haus' informasi, melainkan
          menjadi  sikap  orang  yang  'kebanjiran'  informasi.  Ia  ingin
          menghindar  dari  limpahan  informasi  dan  berusaha  menyaring
          agar hanya informasi yang  diperlukan  saja  yang  masuk ke dalam
          perhatiannya.






                                                                  321
   333   334   335   336   337   338   339   340   341   342   343