Page 338 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 338
Cakrawala Pendidikan 2
tenaga otot manusia digantikan oleh mesin yang lebih 'kuat' dan
lebih 'tahan lama bekerja' (energinya bisa diisi ulang). Lalu
seniman pelukis pemandangan, disaingi oleh teknologi potret
berwarna. Nah, sekarang ada Computer Aided Design, ada
Computer Aided Manufacturing, ada juga Computer Aided
Learning, dan masih banyak lagi yang akan muncul.
Nampaknya sebagai warga masyarakat yang hidup dalam
jaman ini kita perlu memiliki sikap dan kemampuan untuk
beradaptasi dengan tuntutan kemahiran yang berubah dengan
cepat, sebagai realita kehidupan yang nyata.
C. Pembelajaran
Ada rumusan yang diungkapkan di Unesco sebagai
semacam kesepakatan global beberapa tahun yang lalu, bahwa
proses pembelajaran sebaiknya mencakup empat komponen:
'learning to know', 'learning to do', 'learning to live together' dan
'learning to be'. Rumusan itu dapat dipakai sebagai pedoman atau
acuan dalam pembahasan berikut.
'Learning to know' adalah kemampuan untuk mencari
informasi, serta memahaminya dengan baik dan benar. Saat ini
informasi itu tersedia dalam jumlah yang berlimpah pada jaringan
Internet, termasuk informasi yang aktual sebab tak ada lagi
kendala waktu. Sudah jelas kita tidak lagi ingin mengetahui
semuanya, sebab memori pada otak kita tidak akan sanggup lagi
untuk menampungnya. Situasi itu akan mengubah sikap sese-
orang, bukan lagi sebagai orang yang 'haus' informasi, melainkan
menjadi sikap orang yang 'kebanjiran' informasi. Ia ingin
menghindar dari limpahan informasi dan berusaha menyaring
agar hanya informasi yang diperlukan saja yang masuk ke dalam
perhatiannya.
321