Page 335 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 335
Ltku liku 1:'-1:-dw illlult
kaset video, kemudian juga ada rekaman dalam bentuk Laser
Disc.
Sektor pend1d1kan sebenarnya juga sudah lama
memanlaatkan peralatan elektronik ini, baik yang menggunakan
radio (paling murah), televis1 (lebih mahal), maupun telepon (lebih
mahal lagi-untuk ukuran Indonesia). Universitas Terbuka sudah
lama menggunakan ketiga bentuk komunikasi tadi untuk
mewujudkan pengaJarannya, mesk1pun belum merupakan sumber
belajar utamanya, yang masih menggunakan bahan cetak. Lalu
bolehkah 1tu kita sebut e-education ? Secara harfiah mestinya
boleh, sebab ada komponen bantuan teknologi elektronik yang
terkait di sana.
Tetapi rupanya yang memicu munculnya istilah e-
education adalah perkembangan teknologi elektronik yang lebih
mutakhir, yang dikenal dengan sebutan Internet. Pada dasarnya
Internet adalah perpaduan antara kemajuan teknologi informasi
dengan telekomunikasi. Teknologi informasi memunculkan cara
untuk mengubah informasi baik yang tadinya berwujud tulisan,
gambar, maupun suara, menjadi wujud kumpulan lambang
bilangan 0 di:m 1, yang sering disebut 'digital'. Dalam bentuk baru
semacam ini informasi tersebut dapat diproses dengan peralatan
yang namanya processor, seperti yang terdapat pada mesin
komputer Anda, dengan kecepatan lebih dari satu miliar langkah
dalam setiap detiknya. Olah logika yang dahulu harus dikerjakan
oleh otak manusia, sekarang dapat digantikan oleh mesin
komputer yang harganya terjangkau.
Dampak nyata yang mudah dilihat dalam kehidupan
sehari-hari adalah sistem administrasi perkantoran. W ajah sebuah
kantor sekarang sudah berubah dengan menempatkan mesin-
mesin komputer sebagai alat bantu, dari soal mengetik, kirim
informasi, perhitungan keuangan, data kepegawaian, dan
seterusnya. Selain itu data digital tadi juga dapat disimpan
318