Page 331 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 331
li/lli!JS/.11\'II}il, I iklllikll F rrl!u (1/[(1/1
orang yang berlainan di tempat yang berlainan, uang jasanya juga
harus bertambah sesuai dengan jumlah alamat yang dituju.
Berita melalui sur at elektronik ( e-mam. hanya memerlu-
kan waktu yang sangat singkat (dalam hitungan detik) untuk tiba
ke alamat yang dituju, dan uang jasanya pun praktis sama,
apakah kita mengirimkan ke satu alamat atau ke seratus alamat
yang berbeda. ,Jadi, lewat cara yang baru ini waktu dan jarak
bukan lagi menjarli hambatan untuk berkomunikasi.
Aria perubahan lain yang terjad1 berkaitan dengan soal
alamat. Alamat yang digunakan dalam berkomunikasi lewat e-mail
bukan alamat tempat tinggal orang atau kantor. Saat ini sudah
laZim b1la orang mencantumkan alamat e-mai/nya, di samping
alamat domisili, nomor telepon ataupun nomor faksnya, pada
kartu nama atau kertas surat-menyuratnya. Penerima e-mail yang
sRdang bepergian juga tidak lagi harus pulang ke rumahnya
dahulu untuk menerima berita yang disampaikan kepadanya. Oia
dapRt menggunRkan fasilitas umum yang ada untuk membaca isi
berita yang disRmpaikan kepadanya lewat alamat e-mailnya.
Tentu saja komunikasi antar individu lewat e-mail juga
harus bersaing dengan teknologi lain. yaitu telepon genggam
yang juga cukup banyak digunakan oleh warga masyarakat.
Telepon genggam dapat dipakai untuk menghubungi orang lain di
mRnapun ia sedang berada, bahkan kalau orang yang dituju itu
bersedia menerimanyR, dapat langsung terjadi komunikasi timbal
balik. Kalau orang yang dituju tidak sedang mengaktifkan pesawat
teleponnya, juga dapat ditinggalkan pesan.
Sementara ini persaingan antara keduanya masih
dimenangkan oleh e-mail karena pertimbangan uang jasa layanan
yang relatif sangat murah dibandingkan dengan layanan komuni-
kasi lewat telepon genggam.
314