Page 334 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 334
Caknwala !'I:'IUii<likuli 2
dan juga lintas ter:npat (dengan memperbanyak dan membagikan
ke tempat-tempat tujuan komumkasi). Kelemahan bentuk
komunikasi ini adalah sitatnya yang satu arah; tidak terjad1
interaksi ant?ra kedua individu yang berkomunikasi. Kalau k1ta
tidak jelas makna dari ukiran batu yang kita l1hat di candi
Borobudur, kita tidak dapat bertanya kepada pernbuat ukiran itu
(yang tentunya sekarang sudah meninggal). Pada ka~us
ungkapan dalam bentuk buku, yang ingin bersifat lintas waktu dan
lintas ruang, juga akan ditemukan tenggang waktu antara saat
buku itu dibuat oleh pengarangnya hingga saat buku tersebut tiba
kepada pembacanya.
B. Apa yang Dapat Dilakukan oleh Peralatan
Elektronik?
Wujud komunikasi yang dibantu dengan peralatan
elektronik yang sudah dikenal cukup lama adalah telepon dan
telegram. Keduanya dimaksudkan untuk melintasi jarak dan
waktu. Yang pertama menampilkan ungkapan suara, dan
sanggup bersifat interaktif (jika penerima t~leponnya adalah
pasangan individu yang dituju), yang kedua 'menampilkan
ungkapan tulisan lebih murah tetapi ada tenggang waktu sedik1t.
Radio merupakan alat bantu kornunikasi elektronik satu arah yang
juga relatif murah, asalkan kita puas dengan ungkapan dalam
bentuk suara saja. Lalu muncul televisi yang dapat rnengungkap-
kan informasi dalam bentuk suara, tulisan, gambar, maupun
gambar hidup. Sekarang dengan bantuan telepon, siaran rad1o
dan televisi juga memungkinkan proses komunikasi dua arah,
secara terbatas, seperti pada acara diskusi dengan pakar-pakar.
Media penyimpan inforrnasi juga mulai memanfaatkan
teknologi elektronik. Mulai dari merekam suara lewat pita kaset,
disusul dengan merekam gambar, tulisan dan suara lewat pita
317