Page 334 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 334

Caknwala !'I:'IUii<likuli  2



          dan  juga lintas ter:npat  (dengan  memperbanyak  dan  membagikan
          ke  tempat-tempat  tujuan  komumkasi).   Kelemahan  bentuk
          komunikasi  ini  adalah  sitatnya  yang  satu  arah;  tidak  terjad1
          interaksi  ant?ra  kedua  individu  yang  berkomunikasi.  Kalau  k1ta
          tidak  jelas  makna  dari  ukiran  batu  yang  kita  l1hat  di  candi
          Borobudur,  kita  tidak  dapat  bertanya  kepada  pernbuat  ukiran  itu
          (yang  tentunya  sekarang  sudah  meninggal).  Pada   ka~us
          ungkapan dalam bentuk buku, yang  ingin bersifat lintas waktu dan
          lintas  ruang,  juga  akan  ditemukan  tenggang  waktu  antara  saat
          buku itu  dibuat oleh pengarangnya hingga saat buku tersebut tiba
          kepada pembacanya.


          B.  Apa yang Dapat Dilakukan oleh Peralatan
              Elektronik?

                  Wujud  komunikasi  yang  dibantu  dengan  peralatan
          elektronik  yang  sudah  dikenal  cukup  lama  adalah  telepon  dan
          telegram.  Keduanya  dimaksudkan  untuk  melintasi  jarak  dan
          waktu.  Yang  pertama  menampilkan  ungkapan  suara,  dan
          sanggup  bersifat  interaktif  (jika  penerima  t~leponnya  adalah
          pasangan  individu  yang  dituju),  yang  kedua  'menampilkan
          ungkapan  tulisan  lebih  murah  tetapi  ada  tenggang waktu  sedik1t.
          Radio merupakan alat bantu kornunikasi elektronik satu arah yang
          juga  relatif  murah,  asalkan  kita  puas  dengan  ungkapan  dalam
          bentuk suara  saja.  Lalu  muncul  televisi  yang  dapat rnengungkap-
          kan  informasi  dalam  bentuk  suara,  tulisan,  gambar,  maupun
          gambar  hidup.  Sekarang  dengan  bantuan  telepon,  siaran  rad1o
          dan  televisi  juga  memungkinkan  proses  komunikasi  dua  arah,
          secara terbatas, seperti pada acara diskusi dengan pakar-pakar.
                  Media  penyimpan  inforrnasi  juga  mulai  memanfaatkan
          teknologi  elektronik.  Mulai  dari  merekam  suara  lewat  pita  kaset,
          disusul  dengan  merekam  gambar,  tulisan  dan  suara  lewat  pita




                                                                   317
   329   330   331   332   333   334   335   336   337   338   339