Page 339 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 339

LiAu-hku 1:-l:'dwillton


                Berbeda  dengan  radio  dan  televisi  yang  dalam  perannya
        sebagai  penyiar  inlormasi  diketahui  benar  sumbernya,  Internet
        adalah  jaringan  yang  terdiri  atas  banyak  sekali  simpul-simpul
        yang  terkait  satu  sama  lain.  Internet  juga  tidak  ada  pemiliknya
        yang  jelas,  setiap  orang  yang  ikut didalamnya dapat  ikut menJadi
        pemiliknya.  Setiap simpul  dapat menjadi penerima  sekaligus juga
        dapat menjadi penyiar inlormasi. Oleh  karena  itu  yang  tersedia di
        Internet  ada  intormasi  yang  benar  dan  juga  ada  informasi  yang
        salah,  ada  informasi  yang  sifatnya  membangun  ada  juga  infor-
        masi  yang  menyesatkan,  ada  informasi  yang  mendidik  dan  ada
        informasi yang tidak mendidik.  Kedewasan untuk mampu memilih
        informasi  yang  paling  diperlukan  merupakan  keterampilan  yang
        sebaiknya menjadi perwujudan dari proses pendidikan.
                Ada  perbedaan  antara  mencari  informasi  di  sebuah
        perpustakaan yang besar dengan mencari informasi d1  Internet. Di
        sebuah perpustakaan kita dibantu dengan informasi dalam bentuk
        sistem  katalog,  yang  memberi  petunjuk  di  mana  sebuah  buku
        yang  kita  inginkan dapat d1jumpai  dalam  koleksi  yang  banyak  itu.
        Di  Internet,  bantuan  semacam  itu  lebih  ditingkatkan  sampai  pada
        subjek  yang  lebih  rinci.  Saat  ini  sudah  ada  kebiasaan  dalam
        membuat  publikasi  untuk  mencantumkan  'kata-kata  kunci'.
        Internet  dengan  kemahirannya  dapat  mencarikan  karya-karya
        yang diperlukan dengan menunjuk 'kala kunci'nya.  Pekerjaan kita
        menjadi  lebih  ringan,  karena  proses  pencaharian  itu  sudah
        dilakukan oleh mesin komputer.
                Tentu  saja  menemukan  informasi  yang  diinginkan  belum
        menyelesaikan tugas  'learning to know'.  Masih ada tantangan lain
        yaitu  apakah  kita  benar  memahami  isi  dan  makna  informasi  itu.
        Tugas  para  pendidik  barangkali  bergeser pada  upaya  membantu
        mereka  yang  sudah  menemukan  informasi  itu  untuk  dapat
        memahami  maknanya  secara  benar.  Ada  nuansa  etika  dan
        moralitas  yang  terkandung  dalam  upaya  semacam  ini.  Tentang



        322
   334   335   336   337   338   339   340   341   342   343   344