Page 337 - Cakrawala Pendidikan: E-Learning Dalam Pendidikan
P. 337
Hrotosi.nl'ojo, Uku-liku 1:'-Ldw !//LOll
rekan sejawatnya. lnformasi semacam itu mestinya akan
memberikan kepastian yang lebih baik daripada informasi yang
hanya dari pengalaman pasien-pasiennya sendiri.
Di bidang pengajaran pun proses kolaborasi antara
pakar-pakar saat ini sudah terwujud. Banyak bahan belajar
(termasuk yang sifatnya interaktif) yang disajikan oleh pakar-
pakar pada sejumlah websites yang boleh dipakai oleh siapa saja,
tanpa harus membayar (tentu saja pemakai harus jujur menyata-
kan siapa pengarang/penyusunnya). Para 'donatur' itu cukup
bahagia kalau banyak warga masyarakat dunia yang mengguna-
kannya.
Ada lagi saJian website yang namanya "Ask the Experts'.
Kalau kita ingin tahu tentang sesuatu, kita boleh bertanya ke
alamat tersebut. Kadang-kadang pertanyaan kita serupa dengan
pertanyaan yang pernah diajukan oleh orang lain, dan sudah ada
jawabannya. ltu di wadahi oleh paket FAQ (Frequently Asked
Questions) yang sudah tersedia sehingga kita segera dapat
memperoleh apa yang kita inginkan. J1ka ternyata pertanyaan kita
merupakan pertanyaan yang sifatnya 'baru', maka beberapa
waktu kemudian ada pakar yang secara sukarela memberikan
jawaban kepada kita. Tampaknya kemajuan teknologi informasi
dan telekomunikasi benar-benar dapat membuat ikatan kebersa-
maan di antara warga dunia yang domisilinya tersebar dan
sebenarnya secara pribadi tidak saling mengenal satu sama lain.
Di sisi lain tentunya ada juga yang menjadi 'korban'
kemajuan teknologi ini. Kepintaran yang dapat ditanamkan pada
mesin komputer, akan menyisihkan mereka yang dahulu mengan-
dalkan hidupnya dengan menJual jasa kepintaran seperti itu. Jasa
mereka menjadi tidak laku dijual karena dapat digantikan oleh
jasa mesin komputer yang lebih murah, dan tidak se-'rewel'
manusia. Ancaman pergeseran pola kerja di masyarakat seperti
ini sesungguhnya sudah berlangsung cukup lama. Dimulai sejak
320